Profil kesadaran metakognisi siswa SMP Negeri 5 Kertosono dan rekomendasi pengembangan desain pembelajaran IPA
Abstract
Indikator keberhasilan pada abad ke-21 dalam pendidikan lebih menekankan kemampuan berkomunikasi serta menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang kompleks. Siswa diharapkan dapat memahami kesadaran metakognisi sebelum memenuhi tuntutan tersebut, sehingga membantu memilih metode pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap profil dimensi kesadaran metakognitif siswa dalam mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Kertosono yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey partisipatif, dilakukan dengan menyebarkan instrumen Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang telah dimodifikasi dari Scrow & Denison dengan 52 butir pernyataan yang terbagi kedalam dua komponen yaitu Knowledge about Cognition dan Regulation of Cognition. Hasil penelitian menunjukkan skor terendah terdapat pada dimensi Declarative Knowledge (4,58). Pada komponen Regulation of Cognition, skor terendah adalah dimensi Planning (5,22) serta information management strategies es (3,75) dan skor tertinggi pada dimensi Debugging Strategies es. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa desain pembelajaran IPA sebaiknya dapat memberdayakan kesadaran metakognisi. Khususnya yang mampu meningkatkan dimensi declarative knowledge, information management strategies es, dan Planing dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif.