Implementasi model PBL berbantu simulasi media praktikum berbasis web terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa

Authors

  • Etika Dyah Puspitasari Universitas Ahmad Dahlan Author
  • K. Karlina Universitas Ahmad Dahlan Author

Abstract

proses belajar yang ditandai dengan keterlibatan siswa seperti bertanya, mengajukan pendapat, menjawab pertanyaan dan lain-lain. Di SMAN 1 Ngemplak pada pembelajaran biologi, guru lebih berpusat terhadap teori sehingga keaktifan siswa belum optimal. Salah satu faktornya adalah kegiatan pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa lebih tertarik memperhatikan handphone dibandingkan memperhatikan guru di depan. Selain itu, keaktifan siswa berkaitan dengan hasil belajar dimana siswa yang kurang aktif  maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantu simulasi media praktikum berbasis web terhadap keaktifan siswa pada materi sistem pencernaan dan mengetahui pengaruh model PBL berbantu simulasi media praktikum berbasis web terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan  pretest-posttest design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu 65 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Ngemplak (2 kelas) dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan siswa dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan Mann-Whitney U. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh model PBL berbantu simulasi media praktikum berbasis website terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-25