Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa pada materi Kigdom Plantae Kelas X SMA Plus Nurul Qur’an

Authors

  • Kholidatur Rofi’ah Universitas Islam Jember Author
  • Imam Bukhori Muslim Universitas Islam Jember Author
  • Miftahul Hakim Universitas Islam Jember Author

Abstract

SMA Plus Nurul Qur’an ialah salah satu sekolah swasta yang menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan proses pembelajaran secara konvensional menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru (teacher centered). Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada hari sabtu, 19 November 2022 diperoleh informasi dari guru mata pelajaran biologi kelas X yakni bapak Ikrom Dhoifi di SMA Plus Nurul Qur‟an Rowotamtu yang telah menjelaskan bahwa terdapat beberapa permasalahan dari hasil belajar kognitif dan afektif siswa yaitu kurangnya percaya diri, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab siswa dalam menerima pembelajaran disaat guru memaparkan materi, sebab proses pembelajaran kurang bervariasi/monoton dan siswa kurang berpartisipasi. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas ini membantu guru agar mudah menyelesaikan permasalahan pembelajaran, melatih siswa untuk berfikir mandiri, kreatif dan melatih siswa untuk berkomunikasi serta bekerjasama dalam kelompok. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan mulai tanggal 18 Februari 2023 sampai dengan 18 Maret 2023 di kelas X SMA Plus Nurul Qur‟an Rowotamtu. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X SMA Plus Nurul Qur‟an Rowotamtu, pada pelaksanaannya peneliti menentukan dengan menggunakan dua siklus dan mencakup empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan datanya menggunakan tiga tekhnik, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian yang dimulai dari tanggal 18 februari 2023 sampai dengan 18 maret 2023. Diketahui rata-rata nilai hasil belajar pada siklus 1 sebesar 67,2% sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 83,4% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70%. Dari hasil belajar tersebut diketahui bahwa siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,4%.Dengan demikian diperoleh kesimpulan : bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X pada materi Kingdom Plantae di SMA Plus Nurul Qur’an Rowotamtu.

Downloads

Published

2023-12-25