Meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping

Authors

  • Aldi Suhendra Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Nirwana Anas Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Miza Nina Adlini Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada pembelajaran Biologi dengan materi sistem pernapasan pada manusia di kelas XI MA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk uraian berjumlah 9 soal dan angket kesadaran metakognisi dengan 52 item yang telah divalidasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Tembung dengan jumlah siswa 74 orang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 1 dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas XI MIA 2 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 82,12 dengan hasil rata-rata angket 76,54, sedangkan di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 58,12 dengan nilai rata-rata angket sebesar 69,12 dan masing-masing termasuk dalam kategori metakognisi berkembang. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil analisis kemampuan metakognisi peserta didik diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung sebesar 11,25 > 1,666. Berdasarkan hipotesis penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi peserta didik.

Downloads

Published

2023-12-25