Motivasi belajar peserta didik SMP PGRI Bendo Parepada mata pelajaran IPA dan rekomendasinya dalam pengembangan desain pembelajaran
Abstract
Motivasi belajar peserta didik merupakan daya penggerak untuk belajar sehingga keberlangsungan pembelajaran dapat terarah. Hasil observasi proses pembelajaran di SMP PGRI Bendo Pare mengungkapkan bahwa peserta didik terlambat hadir dan banyak yang tidak mengerjakan tugas. Bertolak dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil motivasi belajar peserta didik pada pelajaran IPA SMP PGRI Bendo Pare. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dihimpun dengan menggunakan angket motivasi belajar pada bulan Oktober 2023. Angket terdiri atas enam dimensi motivasi belajar sains yang telah dikembangkan sebelumnya yaitu motivasi intrisnsik dan relevansi pribadi, self-efficacy dan kegelisahan penilaian, self-determination, motivasi karir, dan motivasi kelas. Data dianalis secara deskriptif. Hasil analisis data mengungkapkan: (1) diperoleh skor terendah 68 dan skor tertinggi 108, (2) rata- rata persentase motivasi belajar sebesar 62 dengan kategori sedang, (3) motivasi intrinsik dan relevensi pribadi merupakan dimensi motivasi belajar yang memiliki rata-rata tertinggi (143) dan motivasi karir merupakan dimensi motivasi yang memiliki rata-rata paling rendah (27). Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan bahwa desain pembelajaran sebaiknya menggunakan stimulus yang kontekstual yang berkaitan dengan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan, dan