Implementasi media pembelajaran active arcade pada kelincahan siswa Attention Deficit Hyperactive Disorder Arcade untuk siswa ADHD di SD Muhammadiyah 1 Malang
Keywords:
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Media Pembelajaran, Attention Deficit Hyperactive DisorderAbstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi kelincahan bagi siswa Attention deficit hyperactive disorder (ADHD) menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif sangat dibutuhkan untuk menjadikan pembelajaran PJOK lebih menarik dan inovatif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran active arcade pada pembelajaran PJOK untuk siswa ADHD materi kelincahan. Subjek uji coba berjumlah 9 siswa ADHD di SD Muhammadiyah 1 kota Malang. Instumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi lembar angket/kuisioner wawancara dan tes. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu teknik deksriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran PJOK materi kelincahan menggunakan media pembelajaran active arcade sangat baik, dengan perolehan angket diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran PJOK mendapat skor 91,25% dengan kriteria sangat baik, Serta hasil tes menggunakan tes keterampilan proses kelincahan memperoleh hasil 92% dengan kriteria sangat baik.