Pengaruh game edukatif dalam menunjang kemampuan berpikir komputasional

Authors

  • Sihabuddaril Muttaqin SMP Muhammadiyah 2 Kota Batu Author

Keywords:

game edukatif, berpikir komputasional

Abstract

Teknologi dalam pembelajaran berkembang pesat, seiring dengan kemajuan era digital. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dikuasai oleh siswa dalam era digital adalah keterampilan berpikir komputasional. Keterampilan ini melibatkan pemecahan masalah melalui dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari penggunaan game edukatif dalam pembelajaran untuk menunjang kemampuan berpikir komputasional. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Sidomulyo Kota Batu. Proses pengumpulan data menggunakan angket dan tes untuk mengukur kedua variabel. Analisis hasil penelitian dilakukan untuk menentukan kekuatan dan arah hubungan antara penggunaan game edukatif dengan kemampuan berpikir komputasional siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasional, dan interpretasi hasil. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan game edukatif dengan kemampuan berpikir komputasional siswa. Berdasarkan hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan game edukatif dalam pembelajaran, semakiin menunjang kemampuan berpikir komputasional siswa. Penelitian ini merekomendasikan kepada pendidik untuk meningkatkan integrasi game edukatif dalam pembelajaran sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasional yang relevan dengan kebutuhan di era digital.

Downloads

Published

2024-12-31