Mata rantai dunia inklusivitas melalui buku cerita bergambar

Authors

  • Saiful Rahman SMP Muhammadiyah 2 Malang Author

Keywords:

Inklusivitas, Minat baca, Buku Cerita Bergambar

Abstract

Kebijakan pendidikan inklusi dirumuskan berdasarkan prinsip kesetaraan agar anak berkebutuhan khusus dapat mengakses pendidikan sebagaimana anak normal lainnya di sekolah reguler. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas hambatan atau tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini anak inklusif mampu mengikuti pembelajaran dengan media buku cerita bergmbar. Media pembelajaran yang efektif dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak inklusif. Melalui Buku cerita bergambar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Downloads

Published

2024-12-31