Inovasi pembelajaran STEM melalui desain prototipe sistem penyiraman tanaman otomatis berbasis IoT untuk siswa SMP
Keywords:
STEM Learning Innovation, IoT-Based Automatic Plant Irrigation System, Science Literacy for Junior High School StudentsAbstract
Minat terhadap pendidikan berbasis pembangunan berkelanjutan (sustainability) telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini selaras dengan panduan internasional yang termaktub dalam tujuan PBB dan UNESCO. Namun, implementasi pendekatan dalam desain pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di tingkat SMP masih jarang dibahas terutama dalam konteks perancangan proyek tanpa implementasi langsung kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&Dz4) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi hingga tahap perancangan konsep. Fokus penelitian adalah perancangan proyek sistem penyiraman tanaman otomatis berbasis IoT yang mengintegrasikan isu keberlanjutan melalui teknologi sensor kelembapan, Arduino, dan kontrol otomatis. Hasil kajian menunjukkan bahwa desain proyek ini memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa. Tahapan define dan design menghasilkan identifikasi kebutuhan, rancangan konsep, serta integrasi elemen STEM dalam pembelajaran berbasis proyek. Desain ini memberikan panduan strategis bagi guru dan pengembang kurikulum dalam mengintegrasikan isu keberlanjutan ke dalam pembelajaran STEM dengan cara yang relevan dan aplikatif. Artikel ini memberikan kontribusi signifikan dalam menyediakan kerangka desain proyek STEM yang dapat menjadi dasar penelitian lebih lanjut serta implementasi di kelas pada masa mendatang.