Analisis kemampuan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem

Authors

  • Aulia Novitasari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author
  • Qonita Baguma Putri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author
  • Meita Dwi Solviana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author

Abstract

Kemampuan literasi sains sangat penting untuk menumbuhkan pemikiran yang kritis, mampu mengidentifikasi pertanyaan, menjelaskan fenomena ilmiah, dan kecakapan dalam menyelesaikan masalah dengan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 3 Kotabumi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi, sampel penelitian ini sebanyak 36 peserta didik yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes NOSLIT yang terdiri dari 35 soal. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains tergolong rendah dengan rata – rata 44% yakni indikator pengetahuan ilmiah diperoleh data 69% kategori rendah, 19% kategori sedang, dan 1 % kategori sangat rendah, indikator keterampilan proses intelektual yakni 72% kategori rendah, 19% kategori sedang, dan 2% kategori sangat rendah, indikator kaidah bukti ilmiah yakni 78% kategori rendah, 17% kategori sedang, dan 6% kategori sangat rendah, pada indikator postulat sains yakni 78% kategori rendah dan 22% kategori sangat rendah, indikator watak ilmiah yakni 58% kategori sedang dan 42% sangat rendah, dan indikator miskonsepsi sains yakni 58% kategori sedang dan 42% kategori rendah.

Downloads

Published

2023-12-25