Keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 5 Kertosono dan implikasi rencana desain pembelajaran IPA

Authors

  • Dila Elpin Setiani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusantara PGRI Author
  • Ro’ikatul Jannah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusantara PGRI Kediri Author
  • Budi Purwoko SMP Negeri 5 Kertosono Author
  • Tutut Indah Sulistiyowati Kelompok Studi Biodiversitas, Universitas Nusantara PGRI Kediri Author
  • Agus Muji Santoso Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nusantara PGRI Kediri Author

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan meningkatkan pengalaman belajar berupa aktivitas mengevaluasi informasi yang akurat, menganalisis masalah, melakukan eksperimen, diskusi dalam pemecahan masalah, bekerja sama, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab. Hasil pengamatan proses pembelajaran di sekolah mitra, mengungkapkan bahwa pembelajaran masih belum mengakomodasi aktivitas belajar peserta didik yang memberdayakan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kertosono pada mata pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei partisipatif selama 3 bulan. Data keterampilan berpikir kritis dihimpun dengan menggunakan instrumen soal esai pemahaman konsep yang terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis. Jawaban peserta didik (22 siswa) di skor dengan rubrik keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa skor keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai 2,5 (kategori belum berkembang). Oleh karena itu, desain pembelajaran pada mata pelajaran IPA perlu dikembangkan agar dapat menstimulasi keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Published

2023-12-25