Pengaruh Kombinasi Ketebalan Plat Aluminium 2024 T42 Terhadap Sifat Mekanis pada Proses Resistance Spot Welding Part Door Assy Helikopter NBELL 412EP

Bian Yusriansyah Fuad

Abstract


Pengelasan dengan metode pengelasan titik (Resistance Spot Welding) banyak dijumpai pada industri otomotif, khususnya pada bidang industri pesawat terbang. Kegagalan pada sambungan sering sekali terjadi. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, termasuk salah satunya adalah faktor ketebalan plat. Pada penelitian ini menggunakan variasi dua jenis kombinasi ketebalan plat yaitu 0.5 + 0.6 mm dan 0.5 + 1.6 mm. Dengan menggunakan parameter pengelasan yang sama maka akan dibandingkan kualitas hasil pengelasannya lewat beberapa rangkaian pengujian. Penentuan kelayakan hasil pengelasan dengan parameter yang digunakan tidak hanya dapat dilihat dari hasil pengujian tarik saja. Akan tetapi dibutuhkan pengujian penunjang seperti pengujian macrography dan pengujian kekerasan. Hasil dari pengujian Tarik terhadap kedua kombinasi sudah melampaui nilai standart yang ada yaitu sebesar 281.53 lbf dan 340.78 lbf (>175lbf). Untuk hasil pengujian macrography nilai penetrasi untuk kombinasi ketebalan 0.5 + 0.6 mm melebihi standart maksimum dan minimum penetrasi (20.00 ÷ 80.00) yaitu 43.18 ÷ 85.41. sedangkan untuk kombinasi ketebalan 0.5 + 1.6 mm nilai penetrasi sudah aman dan sesuai dengan standart yaitu 26.00 ÷ 56.00. Untuk ukuran weld nugget atau spot weld dari kedua kombinasi sudah baik dan melampaui standart yang ada. Berikutnya untuk hasil pengujian kekerasan dengan metode Micro Hardness Vickers yaitu nilai kekerasan bagian weld nugget yang menurun dari nilai kekerasan logam induknya. Dengan kata lain nilai kekerasan akan semakin besar nilainya apabila semakin menjauhi bagian weld nugget.

Keywords


Resistance Spot Welding, Variasi Ketebalan, Uji Tarik, Uji Kekerasan, Uji Makrografi

Full Text:

PDF

References


H. Wiryosumarto and T. Okumura, Teknologi Pengelasan Logam, VIII. Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2000.

C. Summerville, P. Compston, and M. Doolan, “A Comparison of Resistance Spot Weld Quality Assessment Techniques,” Procedia Manuf., vol. 29, pp. 305–312, 2019, doi: 10.1016/j.promfg.2019.02.142.

U. Esme and A. Cakmak, “The Effect of Electrode Shape and Force on The Contact Resistance of Spot Welded Joints,” pp. 1–5, 2017.

R. Moharrami and B. Hemmati, “Numerical Stress Analysis in Resistance Spot-Welded Nugget Due to Post-Weld Shear Loading,” J. Manuf. Process., vol. 27, pp. 284–290, 2017, doi: 10.1016/j.jmapro.2017.05.007.

H. T. Sun, X. M. Lai, Y. S. Zhang, and J. Shen, “Effect of Variable Electrode Force on Weld Quality in Resistance Spot Welding,” Sci. Technol. Weld. Join., vol. 12, no. 8, pp. 718–724, 2007, doi: 10.1179/174329307X251862.

K. Zhou and L. Cai, “Study on Effect of Electrode Force on Resistance Spot Welding Process,” J. Appl. Phys., vol. 116, no. 8, 2014, doi: 10.1063/1.4893968.

H. Zhang, X. Qiu, Y. Bai, F. Xing, H. Yu, and Y. Shi, “Resistance Spot Welding Macro Characteristics of The Dissimilar Thickness Dual Phase Steels,” Mater. Des., vol. 63, pp. 151–158, 2014, doi: 10.1016/j.matdes.2014.05.060.

D. Carle and G. B. U, “The Suitability of Aluminium As An Alternative Material For Car Bodies,” pp. 267–272, 1999.

H. Zhang, X. Qiu, F. Xing, J. Bai, and J. Chen, “Failure Analysis of Dissimilar Thickness Resistance Spot Welded Joints in Dual-Phase Steels During Tensile Shear Test,” Mater. Des., vol. 55, pp. 366–372, 2014, doi: 10.1016/j.matdes.2013.09.040.

SAE International, “Aerospace Material Specification (AMS-QQ-A-250/5),” 2017.

American Welding Society, “Spesification for Resistance Welding for Aerospae Applications (AWS D17.2-D17.2M3:2019).” 2019.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144