Analisis Pembebanan Vertikal Pada Frame Sepeda Menggunakan Metode Elemen Hingga Dengan Bantuan Ansys

Ali Saifullah

Abstract


Pada masa pandemi covid-19 penggunaan sepeda di Indonesia meningkat secara drastis. Penggunaan sepeda selain untuk kesehatan juga bisa sebagai sarana rekreasi. Namun, hal utama yang harus diperhatikan adalah tentang safety. Salah satu faktor yang bisa dijadikan acuan safety sebuah sepeda adalah ketika mendapata pembebanan secara vertikal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kekuatan dari frame sepeda yang kita gunakan dengan beberapa variasi pembebanan vertikal. Analisi statis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan simulasi Ansys. Pembebanan vertikal yang divariasiakan ada 3 macam, yaitu beban sebesar 500 N, 1000 N, dan 1500 N. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan sofware Ansys R1 2020. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan simulasi didapatkan bahwa total deformation terbesar ddapatkan pada pembebanan 1500 N, yaitu 0,043561 mm. Dari perhitungan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa desain aman, karena besarnya tegangan yang terjadi masih di bawah tegangan ijin yang dimiliki bahan.

Keywords


sepeda, simulasi, Ansys, pembebanan, total deformation

Full Text:

PDF

References


D. Sulistyo, B. Triana, and N. Winarsih, “Upaya Penggunaan Sepeda Sebagai Moda Transportasi Di Kota Surabaya,” Proceeding PESAT (Psikologi, Ekon. Sastra, Arsit. &Sipil), vol. 4, pp. 46–50, 2011.

H. H. Sugasta, S. Widodo, and S. Mayuni, “Analisis Efektivitas Lajur Khusus Sepeda Pada Kawasan Perkotaan Pontianak ( Studi Kasus Jalan Sutan Syahrir - Jalan Jendral Urip - Jalan K. H. W. Hasyim - Jalan Merdeka),” J. Rekayasa Sipil, vol. 4, no. 4, pp. 1–9, 2016.

B. Setyono, “Perancangan Dan Analisis Kekuatan Frame Sepeda Hibrid ‘Trisona’ Menggunakan Software Autodesk Inventor,” J. IPTEK, vol. 20, no. 2, p. 37, 2016, doi: 10.31284/j.iptek.2016.v20i2.43.

L. Ari and N. Wibawa, “DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN RANGKA MEJA KERJA ( WORKBENCH ) BALAI LAPAN GARUT MENGGUNAKAN Lasinta Ari Nendra Wibawa,” vol. 3, no. 1, pp. 13–17, 2019.

S. Suherman and F. Fahrizal, “PENGARUH PENAMBAHAN Mn TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO PADA PADUAN Al-10Si DENGAN METODE LOST FOAM CASTING,” J. Momentum UNWAHAS, vol. 13, no. 1, p. 113396, 2017, doi: 10.36499/jim.v13i1.1755.

V. Drossou-Agakidou et al., “Administration of recombinant human granulocytecolony stimulating factor to septic neonates induces neutrophilia and enhances the neutrophil respiratory burst and β2 integrin expression results of a randomized controlled trial,” Eur. J. Pediatr., vol. 157, no. 7, pp. 583–588, 1998, doi: 10.1007/s004310050884.

R. Mariudin and Y. Gunawan, “Perancangan dan Analisa Frame Sepeda Pengangkut Gabah,” vol. 3, no. 4, 2018.

Sunardi, “Optimalisasi Desain Frame Sepeda Menggunakan Software Autodesk Inventor 2015 (Optimizing Frame Bike Design Using Autodesk Inventor Professional 2015 Simulation),” Semesta Tek., vol. 20, no. 2, pp. 187–192, 2017.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144