Model Matematika Efektifitas Pembelajaran Pada Mahasiswa Teknik Sipil di Tengah Pandemi Covid-19

Azhar Adi Darmawan

Abstract


Perlunya peningkatan kualitas mengajar pada tenaga pengajar terutama dosen muda juga menjadi permasalahan tersendiri, khususnya yang aplikatif dan sesuai dengan permasalahan riil dilapangan. Selain itu penerapan materi perkuliahan diharapkan juga mengakomodir penelitian sendiri oleh dosen yang mengampu mata kuliah Statistik dan Probabilitas, maka hasil penelitan ini juga dapat digunakan sebagai bahan perkuliahan pada mata kuliah dimaksud. Penelitian ini fokus pada penggunaan metode persamaan linier sederhana dengan obyek semua mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah terkecuali mahasiswa baru angkatan 2020 dikarenakan pertimbangan belum mengenal betul tentang dunia Teknik Sipil .Dari hasil anlisa data dapat diambil kesimpulan bahwa kondisi sistem pembelajaran perguruan tinggi perlu adanya penelitian serta pengabdian kepada masyarkat sebagai bentuk aplikasi teoritis yang telah dilakukan. Pembelajaran dengan  metode ceramah atau text book only juga perlu dilakukan, namun secara kualitas akan lebih maksimal bila diiringi dengan pembelajaran berbasis aplikasi langsung dilapangan sehingga mahasiswa bisa mendapat gambaran apa yang akan dilakukan kelak sebagai fresh graduate engineer. Didapatkan model matematis yang berkaitan dan menunjang harapan mahasiswa terhadap dosen selaku media transfer pengetahuan dengan nilai persamaan Y = 0,9471X + 1,5983 serta koefisien determinasi sebesar 0,9987. Sehingga secara keseluruhan dari hasil penelitian ini dapat digunakan dasar perencanaan sistem pembelajaran yang lebih baik kedepan.

Keywords


kualitas pembelajaran,text book only, model matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144