ANALISIS FITUR LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN METODE FEATURE ORIENTED SOFTWARE DEVELOPMENT (FOSD)

Gilang Ramadhan, Evi Dwi Wahyuni, Galih Wasis Wicaksono

Abstract


Covid-19 sangat bertampak terhadap dunia pendidikan sehingga menuntut penerapan pembelajaran online. Teknologi Informasi dan Komputer melalui Learning Management System (LMS) dapat memberikan solusi dalam dunia pendidikan. Canvas, Edmodo, Classroom dan Moodle merupakan LMS yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran online dimasa Covid-19. Pada penelitian menganalisis fitur Canvas, Edmodo, Classroom, dan Moodle menggunakan metode Feature Orienter Software Development (FOSD). Pada penelitian ini peneliti juga melakukan pemetaan pada fitur LMS dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN-Dikti). Penelitian ini menunjukkan dua tahap validasi oleh pakar pendidikan dan LMS guna dapat memverifikasi hasil analisia. Pada akhir penelitian direkomendasikan fitur-fitur Next LMS baru yang sesuai dengan kriteria SN Dikti bagi dosen dan mahasiswa.

Keywords


LMS, FOSD, SN Dikti, Fitur

Full Text:

PDF

References


M. Munir, “Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi:

Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 1, no. 1, pp.

–119, 2010, doi: 10.21831/cp.v1i1.222.

Kemenristekdikti, “Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” Prod. Huk., no. 49, pp. 21–23, 2014,

[Online]. Available: http://www.kopertis12.or.id/wpcontent/uploads/2014/06/permen_tahun2014_nomor049.pdf.

D. Yana and A. Adam, “Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran

Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” J. Dimens., vol. 8, no. 1, pp.

–12, 2019, doi: 10.33373/dms.v8i1.1816.

E. Retnoningsih, “dan Moodle Dalam Pembelajaran Online,” vol. 1, no. 2, pp. 221–230, 2017.

A. I. M. Elfeky, T. S. Y. Masadeh, and M. Y. H. Elbyaly, “Advance organizers in flipped

classroom via e-learning management system and the promotion of integrated science process

skills,” Think. Ski. Creat., vol. 35, no. September 2019, p. 100622, 2020, doi:

1016/j.tsc.2019.100622.

S. Apel and C. Kästner, “An overview of feature-oriented software development,” J. Object

Technol., vol. 8, no. 5, pp. 49–84, 2009, doi: 10.5381/jot.2009.8.5.c5.

G. W. Wicaksono et al., “Analisis Fitur Sistem Manajemen Pembelajaran Canvas

Menggunakan Analisis Domain Berorientasi Fitur ( FODA ),” no. 246.

G. W. Wicaksono, G. A. Juliani, E. D. Wahyuni, Y. M. Cholily, H. W. Asrini, and Budiono,

“Analysis of Learning Management System Features based on Indonesian Higher Education

National Standards using the Feature-Oriented Domain Analysis,” 2020 8th Int. Conf. Inf.

Commun. Technol. ICoICT 2020, 2020, doi: 10.1109/ICoICT49345.2020.9166459.

M. Iqbal, M. R. Faisal, and I. Budiman, “Penentuan Fitur Website Bidang Pariwisata Dan

Kebudayaan Dengan Metode Feature-Oriented Domain Analysis (Foda),” Klik - Kumpul. J.

Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, p. 172, 2016, doi: 10.20527/klik.v3i2.53.

F. T. Pratiwi, R. A. Nugroho, and D. T. Nugrahadi, “Metode Feature-Oriented Software

Development ( Fosd ) Untuk Pengembangan Aplikasi Belajar Dasar-Dasar Bahasa Korea,” J.

Elektron. Nas. Teknol. dan Ilmu Komput., pp. 151–164, 2017.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144