OPTIMASI SAMBUNGAN FRICTION WELDING PADA ALUMINIUM DENGAN BENTUK SAMBUNGAN CHAMFER

Murjito Murjito

Abstract


Friction welding (FW) adalah teknik pengelasan solid-state yang relatif baru yang pada awalnya dikembangkan untuk mengelas material yang lebih lembut seperti aluminium, seng, magnesium, paduan tembaga yang banyak digunakan dalam industri otomotif dan kelautan. Untuk mendapatkan pengontrolan kualitas las dari parameter proses seperti kecepatan putar pahat, kecepatan pengelasan, gaya aksial, memainkan peran utama. Friction Welding(fw)dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut yang tersedia dengan parameter pengelasan yang tepat agar mendapatkan hasil yang terbaik. Pada penelitian ini bahan yang digunakan adalah Aluminium paduan 6061 dengan parameter pengelasan; kecepatan putar spindel mesin bubut 1160 rpm dan jarak penekanan 10 mm,Model profil sambungan pada penelitian ini juga memberikan agar mendapatkan hasil yang terbaik dimana model profil sambungan chamfer mendapatkan bntul yang terbaik dan permukaan yang lebih rata pada areal geseknya. Dari pengelasan friction welding ini kemudian dilakukan pengujian tarik untuk mndapatkan analisa sifat-sifat fisik dan mekaniknya. Dari analisa pengujian ini didapatkan model sambungan yang terbaik dan mendapatkan waktu tercepat dan temperatur tinggi yaitu pada model specemen chamferDari penelitian akan diketahui optimasi model specemen sambungan chamfer dan variasi temperatur terhadap kekuatan material Aluminium paduan 6061  yang membuktikan bahwa kekuatan dari model sampungan specemen chamfer terhadap sifat mekani. . Dari hasil pengujian tarik,.bentuk profil specemen chamfer murupakan specemen yang paling rendah dan pendek temperaturnya dan waktunya 39,37 detik dan C ,  dngan nilai rata-rat tegangan tarik tertingging sebesar 106.31 Mpa dan  nilai rata-rata regangannya adalah 18.46 %.

Keywords


Friction Stir Welding, Sambungan, Sifat Mekanik, Uji Tarik, Chamfer

Full Text:

PDF

References


Wicaksana, Hendry, Santoso Mulyadi, dan Ahmad Syuhri. “SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO SAMBUNGAN LAS ALUMINIUM 6061 1. Wicaksna, Hendry, Santoso M dan Ahmad Syuhri, “ Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Sambungan Las Aluminum 6061 Hasil Friction Welding.” Rotor; Vol 9no 1 (2017)

FW. Setyawan dan Dedi Dwilaksana, ” AnalisaSifat mekanik dan StrukturMikro Aluminium Paduan (Al-Mg-Si) Hasil Pengelasan Friction Welding dengan Variasi

Kecepatan Putar”, JurnalRotor, no.2;1-4% Vol.7- 2017

Wiryosumarto,Harsono dan Okumura, Toshie; Teknologi Pengelasan Logam”, PT. Pradnya Paramita, Jakarta. 1994

Bhamji, MPR.J.Moat, PL. Threadgil dan AC. Addison; Linir Friction Welding of Aluminium to Magnesium.”Journal Science and Technology of Welding and Joining,” hal 368-378, Vol. 17- 2012

Izumi Machine Mfg, ”FrictionWelding Product Examples,” Japan – 2019.

https://drive.google.com/file/d/1teGTEm0HZHdGawEmnjTOBEgyT7pXChWH/view?usp=sharing

”Automotive Archives, MTI Welding” di akses 12 November 2020, https://www.mtiwelding.com/industries/automotive/.

” Numerical and Experimental Residual Stresses StudyofLiniear Friction Welded Composie,” Research Gate, diakses15 Sepember 2020, https://www.researchgate.net/publication/261483143_Numerical_and_experimental_residual_stresses_study_of_linear_friction_welded_composite

” A Statistical Analysis of Rotary Friction Welding of Steel with Varying Carbon in Workpieces.” Di akses september 2020

https://www.researchgate.net/publication/251353405_A_statistical_analysis_of_rotary_friction_welding_of_steel_with_varying_carbon_in_workpieces.

FRICTION WELDING.” ROTOR; Vol 9 No 1 (2016), 31 Januari 2017. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/view/3988.

F. W., Setyawan, dan Dedi Dwilaksana. “Analisis Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Aluminium Paduan Al-Mg-Si Hasil Pengelasan Friction Welding Dengan Variasi Kecepatan Putar.” ROTOR, no. 2 (2014): 1-4%V 7.

Wiryosumarto, Harsono dan Okumura,Toshie. 1994. Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Bhamji, M. P., R. J. Moat, P. L. Threadgill, dan A. C. Addison. 2012. Linier friction welding of aluminium to magnesium. Journal science and technology of welding and joining Vol 17.Halm 368-378.

“Automotive Archives.” MTI Welding (blog). Diakses 12 Desember 2018. https://www.mtiwelding.com/industries/automotive/.

“(Friction Welding Product Examples)|Izumi Machine Mfg. JAPAN.” Diakses 7 Januari 2019. http://www.en.izumi-mfg.co.jp/fw/examples/index_2_1.html. 91

“ Numerical and Experimental Residual Stresses Study of Linear Friction Welded Composite.” ResearchGate. Diakses 15 Januari 2019. https://www.researchgate.net/publication/261483143_Numerical_and_experimental_residual_stresses_study_of_linear_friction_welded_composite.

Alves, L. M., C. M. A. Silva, dan P. A. F. Martins. “End-to-end joining of tubes by plastic instability.” Journal of Materials Processing Technology 214, no. 9 (1 September 2014): 1954–61. https://doi.org/10.1016/j.jmatprotec.2014.04.011.

Sastranegaran Azhari, 2009, mengenal uji tarik, Universitas Indonesia, Depok Diakses pada tanggal 21 oktober 2018, jam 20.35 wib

“A statistical analysis of rotary friction welding of steel with varying carbon in workpieces.” Diakses 15 Januari 2019.

https://www.researchgate.net/publication/251353405_A_statistical_analysis_of_rotary_friction_welding_of_steel_with_varying_carbon_in_workpieces.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144