PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN KELAS VII MENGGUNAKAN METODE MDLC DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Evi Dwi Wahyuni, Abdur Rohman Fiqqih, Ali Sofyan Kholimi, Lailatul Husniah

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang diajarkan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Matematika di MTs Muhammadiyah Malang, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran Matematika khususnya materi bilangan pecahan. Hal ini didukung oleh hasil survey kepada 38 siswa dan 73,7% menyatakan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit dibandingkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran untuk mendukung proses belajar di kelas maupun secara mandiri oleh siswa di rumah. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) digunakan sebagai metode pengembangan aplikasi media pembelajaran bilangan pecahan untuk kelas VII. Hasil pengujian Black Box menunjukkan media pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan semua fitur berhasil dijalankan sesuai dengan disain dan rancangan yang telah dibuat.

Keywords


Media pembelajaran, Matematika, Bilangan Pecahan, kelas VII, dan Metode MDLC

Full Text:

PDF

References


T. Setyono, L. E. Afri, and H. Deswita, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama,” pp. 1–10, 2011.

R. J. Arindiono and N. Ramadhani, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD,” J. Sains dan Seni Pomits, vol. 2, no. 1, pp. F28–F32, 2013.

D. S. Mujiani, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Dwi,” J. Pendidik. DASAR, vol. 7, no. 2, pp. 200–209, 2016.

N. Hidayati, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif ( ADOBE FLASH CS6 ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Jurug Sewon,” Pendidik. Ke-SD-an, vol. 3, no. 3, pp. 169–172, 2017.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

M. Khairani and D. Febrinal, “JURNAL IPTEKS TERAPAN Research of Applied Science and Education V10.i2 (95-102) ISSN: 1979-9292 E-ISSN: 2460-5611 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK MACROMEDIA FLASH MATERI TABUNG UNTUK SMP KELAS IX,” J. IPTEKS Terap., vol. 10, no. 2, pp. 95–102, 2016.

A. C. Luther, “Authoring interactive multimedia,” Academic Press Professional, Inc., 1994.

I. Binanto, Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi, 2010.

A. H. Sutopo, Multimedia interaktif dengan flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144