ANALISIS AERODINAMIS PADA MOBIL HEMAT ENERGI SRIKANDI FAKULTAS TEKNIK

Heni Hendaryati, moh jufri, Ali Mokhtar, Sudarman Sudarman

Abstract


. Konsep aerodinamika pada kendaraan menjadi sangat penting dalam usaha mendapatkan  kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Aerodinamika memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap gaya propulsive netto yang dibutuhkan. Aerodinamika dapat dikontribusi oleh berbagai bagian dari mobil (bagian depan, kaca depan, atap, bagian belakang, dan bagian lainnya yang telah ditentukan dengan berbagai model dengan pengujian ukuran penuh dan juga perhitungan numerik.  Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan  koefisien aerodinamis mobil hemat energi  Srikandi  hrusangkali 01 dan hrusangkal 02 Fakultas Teknik UMM, yang diperlombakan dalam beberapa event nasional maupun internasional untuk memberikan perbaikan pada desain bentuk bodi untuk pengembangan berikutnya. Metode analisis aerodinamika yang digunakan adalah metode numerik dengan menggunakan perangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys Fluent.  Hasil analisis ansys  menunjukkan bahwa coefisien drag (cd) pada Srikandi hrusangli 02 lebih kecil dari mobil hemat energi Srikandi  hrusangkali 01.

Keywords


Koefisien Drag, CFD, Airodinamis

Full Text:

PDF

References


M. M. Islam dan M. Mamun. Computational Drag Analysis Over A Car Body. Dhaka: Department of Mechanical Engineering, University of Engineering and Technology Bangladesh, 2010.

Munson, Bruce, dkk., Fundamentals of Fluid Mechanics, 5th edition. New York: John Wiley&Co, 2002.

Rajamani, Gokul Krishnan. CFD Analysis of Air Flow Interactions in Vehicle Platoons.School of Aerospace, Mechanical and Manufacturing Engineering RMIT University, 2006.

Krishnani, Pramod Nari. CFD Study of Drag Reduction of a Generic Sport Utility Vehicle.Mumbai: Mumbai University, 2006.

Munawir Rosyadi Siregar1, Himsar Ambarita, 2012.Analisis Koefisien Drag Pada Mobil Hemat Energi "Mesin Usu"Dengan Menggunakan Perangkat Lunak CFD.

Feri HS., ”Pengaruh Modifikasi Diffusor Terhadap Gaya Aerodinamika Mobil Listrik Pancasona” ITS Surabaya, 2013.

Muh. Yamin, Yulianto, “Perbandingan Analisis Aerodinamika Pada Mobil Sedan Generik Berbagai Model Dengan Menggunakan Software Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD), Universitas Gunadarma, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144