PENGEMBANGAN SISTEM E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

Christian S.K. Aditya

Abstract


E-Commerce adalah sebuah aplikasi online yang digunakan untuk menjual produk-produk dari pemilik usaha dimana seluruh proses perdagangan mulai dari pemesanan produk, pertukaran data, hingga transfer dana dilakukan secara elektronik (tanpa melibatkan tatap muka langsung antara penjual dan pembeli). Peluang meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem E-Commerce dikarenakan memiliki daya jangkau pemasaran yang lebih luas melalui pemesanan online. Konsep yang diusulkan pada program pengabdian ini adalah pengembangan E-Commerce yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mitra AISHALIHA. AISHALIHA adalah sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjual pakaian syari dan khimar untuk muslimah yang berada di wilayah Kota Malang. Metodologi pengembangan yang digunakan adalah prototyping karena pendekatannya yang cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh mitra. Berdasarkan pengujian, sistem yang dikembangkan dapat diterima positif oleh mitra, hal ini dibuktikan dari pengujian UAT yang dilakukan dimana rata-rata tingkat kepuasaan konsumen mencapai 85,6 %.

Keywords


pemasaran, online, e-commerce, khimar, syari, pakaian

Full Text:

PDF

References


https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

https://merchantmachine.co.uk/saturated-sectors/

https://www.businesswire.com/news/home/20130712005396/en/GE-Capital-Retail-Bank’s-Annual-Shopper-Study

Pradipta, Afghan Amar, Yuli Adam Prasetyo, and Nia Ambarsari. "Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype." eProceedings of Engineering 2.1 (2015).

Purnomo, Dwi. "Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi." JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 2.2 (2017).

Subhiyakto, Egia Rosi, and Danang Wahyu Utomo. "Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pemodelan Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Prototyping." (2017).

Azhar, Yufis, Hardianto Wibowo, and Galih Wasis Wicaksono. "Aplikasi Pemesanan Dan Pemasaran Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Daya Saing Pengusaha Travel." Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa). No. 3. 2017. Sasmito, Ginanjar Wiro. "Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal." Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 2.1 (2017): 6-12.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144