Evaluasi Kinerja Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula pada Rute Wilayah Kota Banjarmasin

Samin Samin

Abstract


Perkembangan transportasi dan peningkatan volume transportasi darat yang ada di Kalimantan Selatan membuat pemerintah provinsi dalam bidang perhubungan menghadirkan transportasi massal berbasis trayek yaitu BRT Banjarbakula yang memiliki rute pada wilayah Kota Banjarmasin. Dalam segi operasional BRT di Kota Banjarmasin sendiri belum dapat mengatasi peningkatan volume lalu lintas dan terjadinya kepadatan lalu lintas di Kota Banjarmasin. Tingkat operasional BRT Banjarbakula juga belum dapat memenuhi kriteria dari kinerja dalam operasional sebuah BRT, sehingga perlu dilakukan langkah evaluasi untuk mengetahui tingkat kinerja yang belum terpenuhi. Adanya sebuah studi penelitian dengan langkah melakukan evaluasi terhadap operasional BRT Banjarbakula memiliki tujuan untuk mengetahui apakah tingkat kinerja dari operasional BRT telah terpenuhi atau belum terpenuhi serta melakukan langkah penilaian secara langsung oleh masyarakat mengenai fasilitas yang mencakup nilai kinerja dan harapan. Dengan menggunakan standar pelayanan angkutan umum hasil kinerja operasional yang belum terpenuhi yaitu load factor, headway, waktu tempuh, jarak, kecepatan. Dan dengan Importance Performance Analysis diperoleh hasil kinerja fasilitas yang perlu dikembangkan yaitu mencakup aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan keterjangkauan untuk memenuhi harapan dari masyarakat Kota Banjarmasin terhadap hadirnya BRT Banjarbakula dengan kualitas operasional yang baik.

Full Text:

PDF

References


Basuki, I. (2008). Manfaat Standarisasi Kinerja Angkutan Perkotaan. Jurnal Transportasi, 8(1), 57-66

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Panduan Survei dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas. Jakarta : Departemen Perhubungan Darat

DLLAJR. (2007). Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Angkutan Umum di Kota Surakarta. Surakarta : Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Surakarta.

Edward, E. M. (2009). Analisa Ketidakstabilan Dimensi Bracket IMV Pada Rear Axle Housing Assy Machining Line C Dengan Metodologi Pendekatan Six Sigma di PT. Inti Ganda Perdana, Skripsi, Jakarta : Universitas Bina Nusantara.

Hendrata, W. (2007). Studi Hubungan Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Rungkut Asri Kota Madya Surabaya Dengan Metode Underwood. Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 103-203.

Kadir, A. (2006). Transportasi: Peran Dan Dampaknya Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah, 1(3), 2006.

Kusuma, G. P. (2007). Estimasi Pelayanan Operasional Bus Lane di Bandung. Jurnal Transportasi, 7(2), 127-136.

Kusumastuti, G. (2009). Pengukuran Kepuasan Nasabah Pengguna SMS Banking Bank BRI Jakarta Pusat Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pro Bisnis, 2(2), 2009.

Miro, F. (2004). Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Jakarta : Erlangga.

Morlok, E.K. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta : Erlangga.

Olken, F. & Rotem, D. (1986). Simple Random Sampling from Relational Databases. Lawrence Berkeley National Laboratory. LBNL Report : LBL-20707.

Pemerintah Republik Indonesia (2012), Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Sekretaris Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Roudo, M. & Saepudin, A. (2008). Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Penyusunan Dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) : Konsep, Urgensi Dan Tantangan. Jurnal Riptek, 2(1), 1-6.

Sebayang, N. & Effendie, R. (2007). Studi Evaluasi Pelayanan Dan Tarif Moda Angkutan Sungai Speedboat. Jurnal Teknik Sipil, 10(5), 77-90.

Vuchic, Vukan R. (1981). Urban Publik Transportasi. Amerika Serikat, University of Pennsylvania.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144