EVALUASI KINERJA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG AKIBAT COVID-19 DENGAN METODE EARNED VALUE CONCEPT (EVM)

Rini Pebri Utari

Abstract


Proyek konstruksi bersifat unik karena kondisi proyek dipengaruhi oleh banyak factor, tidak terkecuali factor lingkungan. Saat ini Indonesia tengah menghadapi wabah virus Covid-19. Terbitnya Keputusan Presiden No. 11 Tahun 2020 menegaskan bahwa saat ini Indonesia berada dalam keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat akibat penyebaran Covid-19. Pasal 10 Pergub DKI Jakarta No. 33/2020 menentukan 11 jenis sektor usaha yang dikecualikan dari penghentian sementara aktivitas bekerja di tempat kerja/kantor, yang salah satunya adalah aktivitas konstuksi. Namun kenyataan di lapangan, tidak sedikit aktivitas konstruksi yang ikut berhenti akibat pandemi Covid-19 ini. Biasanya hal ini disebabkan karena kegiatan konstruksi tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan juga bergantung kepada sektor usaha yang lain. Untuk itu dalam penelitian ini ingin mengkaji kinerja konstruksi akibat adanya pandemic covid-19 ini. Adapun metode yang paling tepat digunakan yaitu metode Earned Value Concept (EVM). Pada kajian EVM dalam penelitian ini mengungkapkan nilai varians biaya dan jadwal pada saat pelaporan yaitu pada minggu ke-6 dan ke-12 prediksi pekerjaan lebih cepat ndari rencana tetapi biaya lebih tinggi dari anggaran. Namun pada minggu ke-20 CV dan SV bernilai negatif sehingga terjadi keterlambatan proyek maka menggambarkan Pekerjaan kemungkinan selesai namun memakan biaya yang lebih tinggi. Dan berdasarkan nilai BEAC dan SEAC proyek dapat mengejar ketertinggalan hingga durasi tetap mencapai 26 minggu namun anggaran yang dikeluarkan lebih tinggi dari rencana, hal ini disebabkan adanya penambahan jumlah pekerja dan jam lembur.

Keywords


Kinerja Proyek, Earned Value Concept

Full Text:

PDF

References


Ervianto, W, I., 2007, Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit : Andi, Yogyakarta Gray, Clifford F dan Larson, Erik W., 2006, Manajemen Proyek, Penerbit : Andi, Yokyakarta.

Rifqi, 2017, Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value), Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 6, Nomor 4 Tahun 2014, Hal 460-470.

Sandim 2013, Penerapan Konsep Earned Value Methode sebagai Alat Ukur Kinerja Biaya dan Jadwal Pada Pekerjaan Begesting, Jurnal Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Utari, Rini Pebri. 2019. Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Pendekatan Metode Earnead Value Concept (EVM). Jurnal Media Teknik Sipil Volume 17 No 2 Tahun 2019




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144