SISTEM PENCATATAN KEUANGAN TOKO BERBASIS ANDROID

Muhammad Ardianto, Didih Rizki Chandranegara, Wildan Suharso

Abstract


Kontrol keuangan yang baik merupakan cara untuk memahami kondisi finansial selain untuk perencanaan masa depan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengkontrol keuangan adalah dengan cara membuat catatan keuangan yang detil dan cermat. Pencatatan keuangan tersebut dapat membantu seseorang untuk tetap berada pada kondisi keuangan yang stabil sehingga dapat bisa melihat apakah perlu ada pengeluaran yang dikurangi atau menambah tabungan. Namun pada umumnya pencatatan laporan keuangan seperti di toko masih dilakukan secara manual, yaitu dengan cara mencatat transaksi ke buku catatan dan menghitungnya secara manual data transaksi tersebut sehingga menghasilkan laporan keuangan dalam pembukuan sederhana. Akan tetapi hal tersebut sangatlah tidak efisien, banyaknya jumlah transaksi yang terjadi setiap harinya mengharuskan pencatatan, penghitungan transaksi dan pembuatan laporan memakan waktu yang tidak sedikit. Dari permasalahan tersebut maka penulis akan membahas Bagaimana Pembuatan Sistem Pencatatan Keuangan Toko Berbasis Android. Sehingga manfaat dari penelitian ini adalah dapat mempermudah dan membantu seseorang dalam mencatat, menghitung dan mengelola pemasukan serta pengeluaran keuangannya menggunakan sebuah perangkat bergerak yang berbasis Android. Aplikasi Sistem Pencatatan Keuangan Toko Berbasis Android dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall dengan menyediakan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membantu wiraswasta/pemilik toko dalam melakukan penjualan di toko. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh wiraswasta/pemilik toko. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi Sistem Pencatatan Keuangan Toko Berbasis Android adalah pencatatan pengeluaran biaya, pencatatan penerimaan dana, menampilkan histori transaksi, menampilkan laporan, dan mengelola data input produksi.

Keywords


Android, Aplikasi, Pencatatan Keuangan, Waterfall, Toko.

Full Text:

PDF

References


Suharso, W., Widyanto, A. N. S., & Sari, Z. (2018). SISTEM INFORMASI PELAPORAN PADA UPTD PENDIDIKAN. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 101-110.

Saputra, A. W., Kusuma, W. A., & Suharso, W. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Molly Molen Malang Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Repositor, 2(7), 855-862.

Santoso, H., Suharso, W., & Hariyady, H. Pembangunan Aplikasi Mobile Hybrid Pada M-Voting Pemilu Raya Universitas Muhammadiyah Malang. Indonesian Journal of Applied Informatics, 4(2), 127-137.

Lestari, W. L. (2010). Aplikasi sistem informasi pembelian dan penjualan pada toko citra computer cilacap. Probisnis, 3(2).

Lestari, W. L. (2010). Aplikasi sistem informasi pembelian dan penjualan pada toko citra computer cilacap. Probisnis, 3(2).

Anthony, A., Tanaamah, A. R., & Wijaya, A. F. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server (Studi Kasus Toko Grosir “Restu Anda”). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) p-ISSN, 2355, 7699.

Mulayana, U., & Gustina, D. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone Berbasis Web Pada Toko Ilham Cellular Jakarta. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 161-172.

Handayani, S. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis e-commerce studi kasus toko kun jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182-189.

Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan Toko Damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.

Hidayat, R. G., Nuryasin, I., & Suharso, W. (2020). Implementasi Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Menggunakan webERP Pada Cribo Inc Malang. Jurnal Repositor, 2(8), 1067-1074.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144