EVALUASI PROSES LAYANAN PENGADUAN PADA KPU KOTA BATU

Selma Osa Rohimah, Kresna Wahyu Ramadhani, Abi Maulana, Hardianto Wibowo, Wildan Suharso

Abstract


Sebagai salah satu lembaga negara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentunya harus memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat. Layanan pengaduan dalam KPU di kota Batu merupakan salah satu proses bisnis untuk melaporkan kesalahan data pada lembaga KPU. Layanan ini diketahui sudah lama berjalan dan perlu dilakukan analisis legacy system. Legacy system diketahui dapat melihat proses bisnis yang ada berjalan secara lancar atau tidak. Business Process Reengineering melalui pendekatan top down dapat dilakukan evaluasi dari visi, misi, serta proses bisnis yang digunakan. Pada penelitian ini dilakukan untuk menilai hasil analisis menggunakan pengukuran efisiensi throughput pada layanan pengaduan. Pengukuran ini dilakukan untuk melihat nilai efisiensi dari proses layanan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website pada menu pengaduan sangat membantu pihak KPU untuk menerima keluhan dan pengaduan dari masyarakat, hingga memangkas waktu pekerjaan. Business Process Reengineering memberikan perbedaan antara proses sebelum atau menggunakan legacy system dan proses sesudah menggunakan proses baru, hasilnya proses sebelum atau masih manual yaitu 40,18 % dan pada proses baru meningkat sebesar 9,95 % atau mencapai 50,13 %.

Keywords


Legacy System, Top Down, Business Process Reengineering, Efisiensi Throughput

Full Text:

PDF

References


W. Suharso, M. Rahima, A. Qudratullah, L. R. Azhari, D. M. Putrianti, and N. A. Azuari, “Evaluasi Proses Pengelolaan Atk Di Pdam,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, pp. 20–27, 2019.

M. Hammer and J. Champy, “Reengineering the Company - A Manifesto for Business Revolution,” Harper business, New York USA, 2001.

B. Aubert, S. Rivard, M. Patry, G. Paré, and H. Smith, Information technology and organizational transformation: Solving the management puzzle. 2004.

N. Rochmawati and E. R. Saputra, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Untuk Peminjaman Dan Pengembalian Barang Di Laboratorium Jurusan Teknik Informatika Ft Unesa,” Surabaya Univ. Negeri Surabaya, 2016.

R. I. R. Raditya Rizky Putra, Nanang Yudi Setiawan, “Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) pada UB Guest House,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3193–3201, 2018.

M. Srinivas, G. Ramakrishna, K. R. Rao, and E. S. Babu, “Analysis of Legacy System in Software Application Development : A Comparative Survey,” vol. 6, no. 1, pp. 292–297, 2016, doi: 10.11591/ijece.v6i1.8367.

F. F. Rozaqi, W. Suharso, and I. Nuryasin, “Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan,” J. Repos., vol. 2, no. 5, p. 635, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i5.514.

Y. Ozcelik, “Do business process reengineering projects payoff? Evidence from the United States,” Int. J. Proj. Manag., 2010, doi: 10.1016/j.ijproman.2009.03.004.

M. Attaran, “Exploring the relationship between information technology and business process reengineering,” Inf. Manag., 2004, doi: 10.1016/S0378-7206(03)00098-3.

J. A. Fredricks and J. S. Eccles, “Developmental benefits of extracurricular involvement: Do peer characteristics mediate the link between activities and youth outcomes?,” J. Youth Adolesc., 2005, doi: 10.1007/s10964-005-8933-5.

W. Suharso and D. A. P. Mualim, “Rekayasa Ulang Sistem Permintaan Informasi pada Kejaksaan Negeri Batu,” J. Instek (Informatika Sains dan Teknol., vol. vol 3, no. 246, pp. 271–280, 2018.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144