Implementasi Metode Activity Based Costing (ABC) Pada Usaha Jasa

Adhi Nugraha

Abstract


Usaha jasa memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan manufaktur dikarenakan tindakan maupun perbuatan yang diperjualbelikan bersifat tidak berwujud. Namun demikian, kedua jenis usaha ini juga memiliki kesamaan terutama tujuan dari perusahaan. Salah satu tujuan perusahaan adalah mencapai keuntungan setinggi-tingginya. Indikator pencapaian keuntungan atau profitabilitas menjadi salah satu indikator utama dari kinerja perusahaan. Faktor - faktor penentu besarnya probabilitas adalah pendapatan/pemasukan dan biaya/pengeluaran yang dihasilkan oleh perusahaan. Cara untuk meningkatkan profitabilitas adalah meningkatkan pendapatan dan menurunkan biaya. Oleh sebab itu diperlukan metode pencatatan biaya yang tepat agar efisiensi biaya dapat membantu pencatatan keuangan lebih akurat. Penelitian ini membahas implementasi pada perusahaan khususnya usaha jasa berdasarkan penelitian – penelitian terdahulu dalam memperhatikan hasil implementasi metode activity-based costing terhadap pencatatan biaya yang dilakukan perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144