ELISITASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK DENGAN METODE USER PERSONA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA

Wahyu Andhyka Kusuma, Nirma Dwi Wulansari, Moch Ilham Fakhriansyah

Abstract


Elisitasi kebutuhan atau pengumpulan merupakan aktivitas awal dalam suatu proses rekayasa perangkat lunak untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pengguna  untuk pengembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Proses elisitasi ini menentukan keberhasilan dari perangkat lunak. User persona merupakan metode elisitasi kebutuhan yang digunakan untuk menggali kebutuhan. Persona merupakan penjelasan tentang karakteristik  user didapatkan  dari hasil penelitian tentang user sesuai target. Penelitian  ini bertujuan untuk menentukan system informasi terkait karakteristik,kebutuhan pengguna pada perangkat lunak, sehingga menghasilkan data dari calon pengguna dengan menggunakan hipotesa yang dibuat. Hasil dari penelitian ini yaitu informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna,diimplementasikan use case dan prototype perangkat lunak.Elisitasi kebutuhan atau pengumpulan merupakan aktivitas awal dalam suatu proses rekayasa perangkat lunak untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pengguna  untuk pengembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Proses elisitasi ini menentukan keberhasilan dari perangkat lunak. User persona merupakan metode elisitasi kebutuhan yang digunakan untuk menggali kebutuhan. Persona merupakan penjelasan tentang karakteristik  user didapatkan  dari hasil penelitian tentang user sesuai target. Penelitian  ini bertujuan untuk menentukan system informasi terkait karakteristik,kebutuhan pengguna pada perangkat lunak, sehingga menghasilkan data dari calon pengguna dengan menggunakan hipotesa yang dibuat. Hasil dari penelitian ini yaitu informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna,diimplementasikan use case dan prototype perangkat lunak.

Keywords


User Persona, Elisitasi Kebutuhan, Prototype, HCI, Persona Technique

Full Text:

PDF

References


R. Veneziano.”Pengembangan sistem informasi sekolah berbasis web”,vol.6,0.5-9,2017.

Maulana, Y.I., Studi, P. & Informatika, M. Perancangan Perangkat Lunak Sistem inofrmasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU) Pada Dinas Pendidikan Kota Tanggerang Selatan.J Pilar Nusa Mandiri 13, 21-27(2017).

S. Analisis, P. Kebutuhan, S. Dalam,”Studi Analysis Persyaratan Kebutuhan Sistem dalam Menghasilkan Perangkat”, January, 2018.

D.Pandey,” Requirement Engineering Research”, May 2013, 2016.

C.Interaction, C.Group,” Human Computer Interaction”.

A.Blomquist, M.Arvola,”Personas in Action : Ethnography in an Interaction Design Team”, ACM Int. Conf.Proceeding Ser. 31, pp 197-200, 2002.

S.Lee, C.Hahn, M.Rhee,”Tinjauan Pustaka Tugas akhir”, Journal Of chemical Information and Modeling, vol.53, no.9,pp 1689-1699, 2012.

B.Ii, T.Pustaka,” TINJAUAN TA”.pp 6-12, 2013.

A.Shekhar And N. Marsden, “cognitive walktrough of a learning management system with gendered personas,” in ACM Internasional Conference Proceeding Series, 2018.

T. Miaskiewicz, T. Sumner, and K. A. Kozar, “A Latent Semantic Analysis Methodology For The Identification And Creation Of Personas,” In Conference On Human Factors In Computing Systems – Proceedings, 2008.

M. Santos, J. Rabelo, R. Baretto, And T. Conte, “Persona Security : A Technique For Supporting The Elicitation Pf Security Requirements,” In Proceeding Of The Internasional Conference On Spftware Engineering and Knowledge Engineering, SEKE, 2014.

F.Anvari, D. Richards, M. Hitchens, and M. A. Babar, “Effectiveness Of Persona With Personality Traits On Conceptual Design.”In Proceeding – Internasional Conference On Software Engineering, 2015, Vol.2, Pp. 263-272.

B. Ferreira, G. Santos, and T. Comte, “Identifying Possible Requirements Using Personas : A Qualitative Stude, “ ICEIS 2017 – Proc. 19th Int. Conf. Enterp. Inf. Sys., vol.2, no. Inceis, pp. 64-75, 2017.

S. T. Acuna, J. W. Castro, And N. Juristo, “A HCI technique for improving requiements elicitation,” in information and software technology, 2012.

G. Kim, “develop the system for the protection of valuable contents,”

A. Cooper, R. Reimann, and D Cronin, About Face 3 : The Essentials Of Interaction Design. 2007.

S. Bagriyanik And D.Karahoca, “System analust expectations from requrements engineering tools : A Human computer interaction perspective,” Glo. J. Comput. Sci., 2014.

J.Grudin and J. Priutt, “Personas, Participatory Design and Product Development : An Infrastructure For Engagement,” PDC, 2002.

J. Pruitt and T. Adlin, The Persona Lifecycle : Keeping People In Mind Throughout Product Design. 2006.

G.Muniraj and V. Jagannatha,”Requirements engineering using prototyping projects in healthcare diagnostic software aapplication,”in Proceedings – 15th IEEE International Requirements Engineering Conference, RE 007, 2007.

P.Metz, J.O’Brien, and W.Weber,”Specifying use case interaction:Typs of alternative courses,”J.Object Technol.,2003.

W.A.Rahin,W.M.Isa,A.M.Lokman, N.F. Taharim, and N.D.Wahid,”Engineering ,-learning using agile user-centered design,” in Proceedings-2014 8th International Conference Next Generation Mobile Applications,Services and Technologies, NGMAST 2014, 2014.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144