Peningkatan Pemahaman Pengguna Pada Proses Penggalian Kebutuhan Menggunakan Metode Persona

Wahyu Andhyka Kusuma, Muhammad Arif Nurhuda, Wahyu Dwi Purwanto

Abstract


Dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak yang akan digunakan, perlunya seorang pengembang untuk memahami pengguna yang akan berinteraksi dengan sistem. Permasalahan yang sering terjadi pada saat ini adalah pembuatan sebuah sistem tidak melibatkan pengguna atau persona, sehingga sistem tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebelum memasuki tahap pengembangan dibutuhkan elisitasi kebutuhan yaitu tahap awal untuk mencari tahu tentang kebutuhan sistem dengan melibatkan pengguna yang memiliki pengaruh terhadap kebutuhan sistem. Kegagalan dalam langkah-langkah persyaratan elisitasi dapat menyebabkan kurangnya definisi kebutuhan pengguna untuk aplikasi sehingga berdampak pada kualitas dan kegunaan perangkat lunak yang dihasilkan. Pada artikel ini peneliti menggunakan teknik Human Computer Interaction atau disingkat HCI untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menghasilkan sebuah sistem yang berguna, aman, produktif, efektif, efisien dan fungsional. Peneliti memanfaatkan user persona dengan itu sebuah sistem tidak hanya dibangun hanya dengan asumsi semata namun berdasarkan kebutuhan pengguna sehingga elisitasi kebutuhan pengguna terhadap perangkat lunak dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan teknik persona dengan modifikasi proses validasi terhadap user persona itu sendiri. Pada penelitian ini dihasilkan bahwa menggunakan teknik user persona dalam elisitasi kebutuhan akan memudahkan pemahaman tentang apa yang perlu dikembangkan pada sebuah sistem, karena pengembangan perangkat lunak dengan teknik ini berfokus pada pengembangan berdasarkan user dengan melakukan 10 aktivitas penggalian kebutuhan.  

Keywords


Human Computer Interaction, Persona, Elisitasi Kebutuhan

Full Text:

PDF

References


D. Carrizo, O. Dieste, and N. Juristo, “Systematizing requirements elicitation technique selection,” Inf. Softw. Technol., vol. 56, no. 6, pp. 644–669, 2014, doi: 10.1016/j.infsof.2014.01.009.

A. S. Pillai, “A study on the software requirements elicitation issues Its causes and effects,” pp. 245–252, 2013.

F. Medina-domínguez and A. Amescua, “Computers in Human Behavior Knowledge management acquisition improvement by using software engineering elicitation techniques,” vol. 30, pp. 721–730, 2014, doi: 10.1016/j.chb.2013.09.003.

B. Ferreira, W. Silva, S. D. J. Barbosa, and T. Conte, “Technique for representing requirements using personas : a controlled experiment,” 2018, doi: 10.1049/iet-sen.2017.0313.

S. T. Acuña, J. W. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” vol. 54, pp. 1357–1375, 2012, doi: 10.1016/j.infsof.2012.07.011.

B. Ferreira, W. Silva, E. Oliveira, and T. Conte, “Designing Personas with Empathy Map,” no. May, 2015, doi: 10.18293/SEKE2015-152.

F. Anvari et al., “The Journal of Systems and Software An empirical investigation of the influence of persona with personality traits on conceptual design,” J. Syst. Softw., vol. 134, pp. 324–339, 2017, doi: 10.1016/j.jss.2017.09.020.

M. K. Sabariah, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “Requirement elicitation framework for child learning application - A research plan,” in ACM International Conference Proceeding Series, 2019, pp. 129–133, doi: 10.1145/3305160.3305195.

R. T. Menzies, G. D. Spiers, and J. C. Jacob, “Airborne IPDA lidar measurements: Factors in optimizing measurement sensitivity and precision,” 18th Coherent Laser Radar Conf. Lidar Work. Gr. Sp. Based Wind. CLRC 2016, no. August, 2016.

B. Ferreira, T. Conte, S. Diniz, and J. Barbosa, “Eliciting Requirements using Personas and Empathy Map to Enhance the User Experience,” 2015, doi: 10.1109/SBES.2015.14.

A. Q. Study, “Identifying Possible Requirements using Personas,” vol. 2, no. Iceis, pp. 978–989, 2017, doi: 10.5220/0006311600640075.

P. Taylor et al., “Scenario-Based Observation Approach for Eliciting User Requirements for Haptic User Interfaces Scenario-Based Observation Approach for Eliciting User Requirements for Haptic User Interfaces,” no. June 2015, pp. 37–41, 2014, doi: 10.1080/10447318.2014.941271.

N. Capuano, M. Gaeta, P. Ritrovato, and S. Salerno, “Computers in Human Behavior Elicitation of latent learning needs through learning goals recommendation,” Comput. Human Behav., vol. 30, pp. 663–673, 2014, doi: 10.1016/j.chb.2013.07.036.

I. Design, About Face 3 The Essentials of Interaction Design. .

J. Nielson and J. Landauer, “A mathematical model of finding the usability problem. Proceedings of the CHI 93 proceedings of the Interact conference on human factors in computing systems,” Espac. Trab. Matemático. Quinto Simp. Int., pp. 206–213, 1993, doi: 10.1145/169059.169166.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144