PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK EVALUASI DAN MENINGKATKAN EKSPEKTASI PENGGUNA DALAM KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

Wahyu Andhyka Kusuma, Muhammad Rizal Ashari, Cici Dwi Oktaviani, Azlin Natasya Na'im

Abstract


Elisitasi kebutuhan merupakan proses penting dalam Software Development Lifecycle. Proses elisitasi kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem dengan melibatkan user agar dapat menggali informasi dari permasalahan yang dihadapi pengguna. Salah satu metode elisitasi penggalian kebutuhan adalah metode User Persona. Persona adalah teknik pendekatan interaksi manusia dengan komputer atau Human Computer Interaction, yang memudahkan peneliti memahami lebih mendalam tentang karakteristik dan variabel perilaku pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan penggunaan teknik persona yang sudah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya Bruna Ferreira dengan memodifikasi proses validasi terhadap user persona itu sendiri. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa teknik persona dapat meningkatkan elisitasi kebutuhan untuk mencapai target ekspektasi yang diharapkan pengguna. Menggunakan user persona juga dapat memudahkan evaluasi terhadap sistem yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memenuhi kebutuhan perangkat lunak.

Keywords


HCI, elisitasi, analisis kebutuhan

Full Text:

PDF

References


T. Ribeiro and P. De Souza, “A study on the use of personas as a usability evaluation method,” ICEIS 2014 - Proc. 16th Int. Conf. Enterp. Inf. Syst., vol. 3, pp. 168–175, 2014, doi: 10.5220/0004974101680175.

ISO 9241, “Ergonomics of Human System Interaction Organization.,” 1999.

A. Jansen, M. Van Mechelen, and K. Slegers, “Personas and behavioral theories: A case study using self-determination theory to construct overweight personas,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., vol. 2017-May, pp. 2127–2136, 2017, doi: 10.1145/3025453.3026003.

P. T. Aquino and L. V. L. Filgueiras, “User modeling with personas,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 124, pp. 277–282, 2005, doi: 10.1145/1111360.1111388.

B. Ferreira, W. Silva, E. Oliveira, and T. Conte, “Designing personas with empathy map,” Proc. Int. Conf. Softw. Eng. Knowl. Eng. SEKE, vol. 2015-Janua, no. May, pp. 501–505, 2015, doi: 10.18293/SEKE2015-152.

T. Matthews, T. K. Judge, and S. Whittaker, “How do designers and user experience professionals actually perceive and use personas?,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 1219–1228, 2012, doi: 10.1145/2207676.2208573.

Santos, M. et al. (2014) ‘Persona security: A technique for supporting the elicitation of security requirements’, Proceedings of the International Conference on Software Engineering and Knowledge Engineering, SEKE, 2014-January(January), pp. 603–608.

S. Sproll, M. Peissner, C. Sturm, “From product concept to user experience: exploring UX potentials at early product stages” in 6th Nordic Conference on Human-Computer Interaction: Extending Boundaries. ACM, 2010. pp. 473-482, 2010.

A. a. V. M. M. a. S. K. Jansen, "Personas and Behavioral Theories: A Case Study Using Self-Determination Theory to Construct Overweight Personas," in Proceedings of the 2017 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, New York, NY, USA,2017.

Aquino, P. T. and Filgueiras, L. V. L. (2005) ‘User modeling with personas’, ACM International Conference Proceeding Series, 124, pp. 277–282. doi: 10.1145/1111360.1111388.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144