Model Iteratif Identifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Studi Kualitatif Pendekatan User Persona

dayang aura fazira

Abstract


Identifikasi Kebutuhan dalam proses pengembangan perangkat lunak adalah fase yang sangat penting dalam Software Development Lifecycle. Karena dalam tahap ini ditentukan dengan tepat mengenai apa yang akan dibuat. Melibatkan user dalam identifikasi kebutuhan menjadi salah satu fase sangat berguna dalam menentukan kualitas user experience dalam suatu sistem. Salah satu metode penggalian kebutuhan adalah metode User Persona. Persona adalah teknik pendekatan interaksi manusia dengan komputer yang memungkinkan pengembangan memahami lebih mendalam tentang karakteristik dan behaviour user berkenaan dengan masalah yang ada.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan dalam pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode User persona yang sudah banyak digunakan oleh beberapa penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode User Persona yang sudah di modifikasi oleh Acuna, namun demikian metode Acuna memiliki kelemahan pada aspek validasi dimana alur dari user persona yang digambarkan merupakan suatu alur berurutan dalam satu fase. Hasil dari penelitian ini untuk meningkatkan identifikasi kebutuhan terhadap masalah yang ada dengan  menggunakan konsep pendekatan user persona.Penggunaan user persona dalam tahap identifikasi perangkat lunak ini memudahkan pemahaman tentang apa yang perlu dikembangkan karena teknik ini sangat berorientasi pada pemahaman pengembangan terhadap user.

Keywords


User Persona, Identifikasi Kebutuhan, persona

Full Text:

PDF

References


T. ur Rehman, M. N. A. Khan, and N. Riaz, “Analysis of Requirement Engineering Processes, Tools/Techniques and Methodologies,” Int. J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 40–48, 2013, doi: 10.5815/ijitcs.2013.03.05.

D. Pandey, U. Suman, and A. K. Ramani, “An effective requirement engineering process model for software development and requirements management,” Proc. - 2nd Int. Conf. Adv. Recent Technol. Commun. Comput. ARTCom 2010, pp. 287–291, 2010, doi: 10.1109/ARTCom.2010.24.

D. Zanutto, E. C. Lorenzini, R. Mantellato, G. Colombatti, and A. Sanchez-Torres, “Orbital debris mitigation through deorbiting with passive electrodynamic drag,” Proc. Int. Astronaut. Congr. IAC, vol. 4, pp. 2577–2585, 2012.

M. Aoyama, “Persona-and-scenario based requirements engineering for software embedded in digital consumer products,” Proc. IEEE Int. Conf. Requir. Eng., pp. 85–94, 2005, doi: 10.1109/re.2005.50.

S. T. Acuña, J. W. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” Inf. Softw. Technol., vol. 54, no. 12, pp. 1357–1375, 2012, doi: 10.1016/j.infsof.2012.07.011.

A. M. Galvão, F. A. Barros, A. M. M. Neves, and G. L. Ramalho, “Persona-AIML: An architecture for developing chatterbots with personality,” Proc. Third Int. Jt. Conf. Auton. Agents Multiagent Syst. AAMAS 2004, vol. 3, pp. 1266–1267, 2004.

A. Madureira et al., “Using personas for supporting user modeling on scheduling systems,” 2014 14th Int. Conf. Hybrid Intell. Syst. HIS 2014, pp. 279–284, 2003, doi: 10.1109/HIS.2014.7086212.

D. G. Cabrero, H. Winschiers-Theophilus, and J. Abdelnour-Nocera, “A critique of personas as representations of ‘the other’ in cross-cultural technology design,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 21-25-Nove, pp. 149–154, 2016, doi: 10.1145/2998581.2998595.

L. Caballero, A. M. Moreno, and A. Seffah, “Persona as a Tool to Involving Human in Agile Methods: Contributions from HCI and Marketing,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 8742, pp. 283–290, 2014, doi: 10.1007/978-3-662-44811-3_20.

Y. N. Chang, Y. K. Lim, and E. Stolterman, “Personas: From theory to practices,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 358, pp. 439–442, 2008, doi: 10.1145/1463160.1463214.

J. W. Castro, S. T. Acuña, and N. Juristo, “Integrating the personas technique into the requirements analysis activity,” Proc. Mex. Int. Conf. Comput. Sci., pp. 104–112, 2008, doi: 10.1109/ENC.2008.40.

C. Moser, V. Fuchsberger, K. Neureiter, W. Sellner, and M. Tscheligi, “Revisiting personas: The making-of for special user groups,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 453–468, 2012, doi: 10.1145/2212776.2212822.

P. J. Adler, “Dealing with interviews when creating Personas : a practical approach,” in Proceedings of Student Interaction Design Research Conference, 2005.

T. Miaskiewicz, T. Sumner, and K. A. Kozar, “A Latent Semantic Analysis methodology for the identification and creation of personas,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 1501–1510, 2008, doi: 10.1145/1357054.1357290.

A. Joshi and S. Tripathi, “User experience metric and index of integration: Measuring impact of HCI activities on user experience,” CEUR Workshop Proc., vol. 407, pp. 25–26, 2008.

L. Llerena, N. Rodriguez, P. Gomez-Abajo, J. W. Castro, and S. T. Acũa, “Poster: ‘Adoption of the visual brainstorming technique in the open source software development process,’” Proc. - Int. Conf. Softw. Eng., pp. 232–233, 2018, doi: 10.1145/3183440.3194946.

B. Ferreira, G. Santos, and T. Conte, “Identifying possible requirements using personas: A qualitative study,” ICEIS 2017 - Proc. 19th Int. Conf. Enterp. Inf. Syst., vol. 2, no. Iceis, pp. 64–75, 2017, doi: 10.5220/0006311600640075.

P. Banerjee, “About Face 2.0: The Essentials of Interaction Design: Alan Cooper and Robert Reimann Published by John Wiley & Sons, 2003, 576 pp, ISBN 0764526413,” Inf. Vis., 2004, doi: 10.1057/palgrave.ivs.9500066.

S. Bagriyanik and D. Karahoca, “System analyst expectations from requirements engineering tools: A human computer interaction perspective,” Glob. J. Comput. Sci., vol. 04, no. 1, pp. 7–16, 2014.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144