Menangkap Ekspektasi Pengguna dalam Proses Penggalian Kebutuhan menggunakan User Persona

Wahyu Andhyka Kusuma, Aurora Marda Bimantara, Donny Putra Frienza

Abstract


Dalam proses penyusunan elisitasi kebutuhan suatu perangkat lunak tentu pengembang harus memahami pengguna dalam berinteraksi dengan sistem. Pendekatan yang sering digunakan adalah memahami dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengguna dengan sistem. Persona adalah teknik HCI yang dimana dalam proses pengembangan sistem melibatkan pengguna dengan menggali informasi dan pemahaman pengguna yang menjadi fokus pada pembangunan. Adapun tujuan dari penelitian ini menggunakan pendekatan persona untuk mengetahui kebutuhan dan pemahaman pengguna yang memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengembangan sistem yang berkaitan dengan permasalahan penggalian kebutuhan. Dari penelitian ini dilakukan serangkaian proses mengambil data selanjutnya akan dianalisa sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam pengembangan perangkat lunak. 

Keywords


User Persona, Human Computer Interaction, Elisitasi Kebutuhan

Full Text:

PDF

References


B. Morkos and J. D. Summers, “Implementing Design Tools in Capstone Design Projects: Requirements Elicitation Through Use of Personas,” Natl. Capstone Conf. 2010, Boulder, CO, p. No--50, 2010.

G. Lestari, E. P., Nupikso and E. I. Riyani, “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online terhadap Prestasi Mahasiswa Universitas Terbuka,” J. Pendidik. Terbuka Dan Jarak Jauh, vol. 16, no. 1, pp. 1–9, 2015.

T. Miaskiewicz, T. Sumner, and K. A. Kozar, “A Latent Semantic Analysis methodology for the identification and creation of personas,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 1501–1510, 2008, doi: 10.1145/1357054.1357290.

L. Caballero, A. M. Moreno, and A. Seffah, “Persona as a Tool to Involving Human in Agile Methods: Contributions from HCI and Marketing,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 8742, pp. 283–290, 2014, doi: 10.1007/978-3-662-44811-3_20.

A. Alsa, “Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization terhadap Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi,” Pengaruh Metod. Belajar Team Assited Individ. terhadap Prestasi Belajar Stat. pada Mhs. Psikol., vol. 38, no. 1, pp. 82–91, 2015, doi: 10.22146/jpsi.7667.

M. Aoyama, “Persona-and-scenario based requirements engineering for software embedded in digital consumer products,” Proc. IEEE Int. Conf. Requir. Eng., pp. 85–94, 2005, doi: 10.1109/re.2005.50.

F. Y. Guo, S. Shamdasani, and B. Randall, “Creating effective personas for product design: Insights from a case study,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 6775 LNCS, pp. 37–46, 2011, doi: 10.1007/978-3-642-21660-2_5.

J. Grudin and J. Pruitt, “Personas , Participatory Design and Product Development : An Infrastructure for Engagement.”

Y. N. Chang, Y. K. Lim, and E. Stolterman, “Personas: From theory to practices,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 358, pp. 439–442, 2008, doi: 10.1145/1463160.1463214.

W. J. Giraldo et al., “HCI incorporation: A case for Colombia,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. 10-12-Sept, 2014, doi: 10.1145/2662253.2662310.

P. Zagallo et al., “Through the eyes of faculty: Using personas as a tool for learner-centered professional development,” CBE Life Sci. Educ., vol. 18, no. 4, pp. 1–21, 2019, doi: 10.1187/cbe.19-06-0114.

R. Zinke, L. Künzer, B. Schröder, and C. Schäfer, “Integrating human factors into evacuation simulations-application of the persona method for generating populations,” Proc. Int. ISCRAM Conf., vol. 2017-May, no. May, pp. 127–138, 2017.

X. Ferre, N. Juristo, and A. M. Moreno, “Improving software engineering practice with HCI aspects,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 3026, pp. 349–363, 2004, doi: 10.1007/978-3-540-24675-6_27.

L. Llerena, N. Rodriguez, P. Gomez-Abajo, J. W. Castro, and S. T. Acũa, “Poster: ‘Adoption of the visual brainstorming technique in the open source software development process,’” Proc. - Int. Conf. Softw. Eng., pp. 232–233, 2018, doi: 10.1145/3183440.3194946.

D. G. Rosado, E. Fernández-medina, and J. López, “Applying a UML Extension to Build Use Cases Diagrams in a Secure Mobile Grid Application,” pp. 126–136, 2009.

N. C. Siregar and M. Marsigit, “Pengaruh Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, p. 224, 2015, doi: 10.21831/jrpm.v2i2.7336.

E. T. Welsh, C. R. Wanberg, K. G. Brown, and M. J. Simmering, “E-learning: emerging uses, empirical results and future directions,” Int. J. Train. Dev., vol. 7, no. 4, pp. 245–258, 2003, doi: 10.1046/j.1360-3736.2003.00184.x.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144