ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN) TPA. BANJARDOWO KABUPATEN JOMBANG

Cholil Hasyim

Abstract


Isu penanganan pengelolaan sampah di Kabupaten Jombang sudah menjadi isu yang strategis, dan telah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang dan Kementerian PUPR melalui kerjasama pembangunan TPA baru Sanitary Landfild melalui pembiayaan loan Agreement Pemerintah Jerman melalui lembaga pendanaan Bank Jerman Kfw, sehingga kecil ataupun besar akan mempunyai pengaruh terhadap lalu lintas di sekitarnya. Untuk mengantisipasi terjadinya pengaruh lalu lintas yang cukup besar pada jaringan transportasi di sekitar pembangunanTPA. Banjardowo tersebut, perlu dilakukan kajian analisis dampak lalu lintas <traffic impact analysis>. Pembangunan, operasional dan pengembangan TPA. Banjardowo diperkirakan akan berpengaruh terhadap volume dan sistem pergerakan lalu lintas di jalan Denanyar-Sendangrejo <Jl. Semeru>, sehingga perlu dilakukan kajian analisa dampak lalu lintas <Andalalin>. sebagai akibat kondisi tataguna lahan jalan tersebut Kawasan TPA Banjardowo merupakan salah satu pintu masuk dan keluar menuju jalan Semeru sering terjadi kemacetan pada jam puncak pagi, siang dan sore hari Metode yang digunakan pada kajian ini yaitu mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia <MKJI>, 1997, dimana Hasil kajian terbukti bahwa Kondisi kinerja lalu lintas yang terjadi pada kondisi eksisting V/C Rasio = 0,16 dengan nilai derajat kejenuhan <DS>= 0,0049, sedangkan akibat adanya Pembangunan V/C Rasio = 0,25 dengan nilai derajat kejenuhan <DS>= 0,074,dan akibat adanya operasional V/C Rasio = 0,22 dengan nilai derajat kejenuhan<DS>= 0,067, serta akibat adanya Pengembangan V/C Rasio = 0,32 dengan nilai derajat kejenuhan <DS>= 0,089.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144