PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK EVALUASI KEBUTUHAN DAN MENINGKATKAN PENGALAMAN PERANGKAT LUNAK

Andini Wilda Ananda, Wahyu Andhyka Kusuma, Insiyatul Iftitah, Nada Widyasari

Abstract


Elisitasi kebutuhan pada proses pengembangan Software Engineering merupakan fase yang sangat penting dalam siklus pengembangan perangkat lunak karena tahap ini akan menentukan mengenai sistem apa yang akan dibuat dengan tepat. User harus dilibatkan pada fase elisitasi kebutuhan agar bisa menentukan kualitas user experience dalam sistem. User Persona merupakan salah satu metode elisitasi kebutuhan yang berguna untuk menggali kebutuhan. Suatu pendekatan interaksi antara manusia dengan komputer yang memungkinkan pengembangnya memahami lebih dalam karakteristik dan behaviour user berkaitan dengan masalah yang ada disebut Persona. Pada penelitian terdahulu fokus pada kepenggunaan beberapa metode dalam penggalian user persona namun pada penelitian ini fokus dalam penerapan teknik persona yang dikembangkan John W. Castro dengan memodifikasi proses iteratif sebagai proses validasi user persona itu sendiri. Pada penelitian ini di dapatkan hasil bahwa persona bisa menjadi teknik elisitasi kebutuhan perangkat lunak. Penggunaan user persona dalam teknik persona akan memperjelas sumber masalah dan ekspektasi dari user. Memodifikasi model iteratif pada teknik persona John W. Castro pada penelitian ini dapat memungkinkan dilakukannya validasi dan mendapatkan use case diagram yang secara detail dari masing-masing kebutuhan pengguna.

Keywords


User Persona, Human Computer Interaction, Elisitasi Kebutuhan

Full Text:

PDF

References


Maulana, Y. I., Studi, P. & Informatika, M. Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pendataan Guru Dan Sekolah (SINDARU) Pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan. J. Pilar Nusa Mandiri 13, 21–27 (2017).

Suryn, W. Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach. Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach vol. 9781118592 (2014).

Sampaio do Prado Leite, J. C. & Freeman, P. A. Requirements Validation Through Viewpoint Resolution. IEEE Transactions on Software Engineering vol. 17 1253–1269 (1991).

Zave, P. Classification of research efforts in requirements engineering. ACM Comput. Surv. 29, 315– 321 (1997).

Wahono, R. S. Analyzing Requirements Engineering Problems. IECI Japan Work. 55–58 (2003).

Hewett, T. et al. ACM SIGCHI Curricula for Human-Computer Interaction. ACM SIGCHI Curricula for Human-Computer Interaction (1992). doi:10.1145/2594128.

Banerjee, P. About Face 2.0: The Essentials of Interaction Design: Alan Cooper and Robert Reimann Published by John Wiley & Sons, 2003, 576 pp, ISBN 0764526413. Inf. Vis. 3, 223–225 (2004).

Acuña, S. T., Castro, J. W. & Juristo, N. A HCI technique for improving requirements elicitation.

Inf. Softw. Technol. 54, 1357–1375 (2012).

Ferreira, B., Santos, G. & Conte, T. Identifying possible requirements using personas: A qualitative study. ICEIS 2017 - Proc. 19th Int. Conf. Enterp. Inf. Syst. 2, 64–75 (2017).

Blomquist, Å. & Arvola, M. Personas in action: Ethnography in an interaction design team. ACM Int. Conf. Proceeding Ser. 31, 197–200 (2002).

Idoughi, D., Seffah, A. & Kolski, C. Adding user experience into the interactive service design loop: A persona-based approach. Behav. Inf. Technol. 31, 287–303 (2012).

Muniraj, G. & Jagannatha, V. Requirements engineering using prototyping projects in healthcare diagnostic software applications. Proc. - 15th IEEE Int. Requir. Eng. Conf. RE 2007 307–312 (2007) doi:10.1109/RE.2007.50.

Nielson, J. & Landauer, J. A mathematical model of finding the usability problem. Proceedings of the CHI 93 proceedings of the Interact conference on human factors in computing systems. Espac. Trab. Matemático. Quinto Simp. Int. 206–213 (1993) doi:10.1145/169059.169166.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i6.3729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144