SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Moch Rosid Noviansyah, Wildan Suharso, Didih Rizki Chandranegara, Muhammad Syofi Azmi, Moh Hermawan

Abstract


Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari bermain game, desain grafis dll. Dengan berkembangnya teknologi mobile saat ini menjadikan jenis dan merk laptop semakin banyak. Tujuan dari penelitian ini menerapkan metode weighted product pada sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop sehingga dapat mempermudah user mengambil keputusan dalam membeli laptop sesuai dengan kebutuhan. E-Commerce merupakan transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop dapat memberikan informasi tentang spesifikasi laptop, sebagai informasi dalam melakukan perbandingan dan pembelian laptop. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat dalam mengambil keputusan. Sistem pendukung keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan perhitungan manual. Berdasarkan hasil tersebut, sistem dapat menentukan hasil rekomendasi laptop sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keakuratan sistem pendukung keputusan dalam penelitian mencapai 99,99%.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Laptop, Weighted Product

Full Text:

PDF

References


Philip Kotler dan Gary Amstrong (2006: 179), Tahap-tahap Keputusan Pembelian

Hermawan, Julius. 2005. Membangun Decision Support System. Yogyakarta: Andi.

Turban, Efraim dan Jay Aronson, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan System Cerdas). Jilid 1. Yogyakarta: Andi.

Kusumadewi, Sri., dan Hartati, Sri. (2006). Fuzzy Multi-Atribute Decision Making, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Pressman, R.S. (2015:17). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Adi Nugroho. (2006), E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya, Informatika, Bandung.

Djaali, A. (2008). Skala Likert. Yogyakarta: Andi Offiset.

Roger S Pressman (2010, p495) "Software Engineering - A Practitioner's Approach".

Pressman, R.S. (2015:17). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

ISACA. COBIT 4.1. IT Governance Institute. USA: ITGI. 2007.

Maryani, Darudiato S. Perancangan Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI): Studi Kasus STMIK XYZ. CommIT: Communication and Information Technology. 2010; 4(2): 77-85.

Agrawal, M.L., 2003. Customer Relationship Management (CRM) & Corporate Renaissance. Journal of Services Research, Vol. 3, Number 2, pp. 149-171.

Areppim Insight, 2012. Global Internet Users Forecast2012,http://stats.areppim.com/arch ives/insight_internetxfcstx2012.pdf.

Suharso, W., Wicaksono, B. I., & Marthasari, G. I. (2018). Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 4(1), 97-104.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i5.3025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144