EVALUASI PROSES PENGELOLAAN ATK DI PDAM KABUPATEN TAPIN

Wildan Suharso

Abstract


Alat Tulis Kantor merupakan salah satu penunjang kegiatan operasional di sebuah instansi, perusahaan ataupun organisasi. Oleh sebab itu PDAM Kabupaten Tapin sebagai perusahaan Daerah mempunyai proses bisnis pengelolaan ATK sebagai jalan untuk mencapai tujuan visi dan misinya. Akan tetapi proses bisnis tersebut sudah berjalan sejak pertama kali didirikan yakni 27 tahun dan belum pernah dilakukan analisis legacy system. Dikhawatirkan proses bisnis yang sudah lama berjalan dan intensitas penggunaannya rutin ini akan berpotensi masalah saat sumber daya manusia tidak mampu beradaptasi. Hal tersebut juga selaras dengan perkembangan teknologi informasi dan internet di Indonesia. Oleh sebab itu, proses bisnis pengelolaan ATK ini perlu untuk dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah proses bisnis yang berjalan saat ini perlu untuk dilakukan re-engineering atau tidak. Untuk itu diperlukan analisis efisiensi throughput sebagai dasar langkah selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai efisiensi throughput sebesar 95,19% untuk proses permintaan ATK dan 76,04% untuk pembelian ATK.

Keywords


legacy system; efisiensi throughput; pengelolaan atk

Full Text:

PDF

References


Widayanto, “Analisis Proses Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Konveksi Ryan Collection Di Kabupatan Kudus,” J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 24–30, 2017.

W. Suharso, “Penyelarasan Tujuan TI Dan Tujuan Bisnis pada Perusahaan Layanan Internet,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, vol. No.2, 2016.

R. Yulia and N. Rochmawati, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya,” J. Manaj. Inform., vol. 7, pp. 59–64, 2017.

Kamaruddin Tone, “Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Janeponto),” J. Instek (Informatika Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 50–60, 2016.

A. Wijaya, M. Arifin, and T. Soebijono, “Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang,” J. Sist. Inf., vol. 2, pp. 14–20, 2013.

M. Srinivas, G. Ramakrishna, K. Rajasekhara Rao, and E. Suresh Babu, “Analysis of legacy system in software application development: A comparative survey,” Int. J. Electr. Comput. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 292–297, 2016.

A. Omidi and B. Khoshtinat, “Factors Affecting the Implementation of Business Process Reengineering: Taking into Account the Moderating Role of Organizational Culture (Case Study: Iran Air),” Procedia Econ. Financ., vol. 36, no. 16, pp. 425–432, 2016.

W. Suharso and D. A. P. Mualim, “Rekayasa Ulang Sistem Permintaan Informasi pada Kejaksaan Negeri Batu,” J. Instek (Informatika Sains dan Teknol., vol. 3, no. 246, pp. 271–280, 2018.

W. Suharso, D. Arya, P. Muallim, F. Ardiansyah, and F. T. Cahyono, “Pengukuran Efisiensi Throughput pada Proses Pengaduan Pelanggan,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, pp. 166–171, 2018.

M. AbdEllatif, M. S. Farhan, and N. S. Shehata, “Overcoming business process reengineering obstacles using ontology-based knowledge map methodology,” Futur. Comput. Informatics J., vol. 3, no. 1, pp. 7–28, 2018.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i5.3015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144