Pengukuran Efisiensi Throughput Pada Proses Pengaduan Pelanggan

Wildan Suharso

Abstract


Analisis terhadap efisiensi sebuah proses perlu dilakukan jika kinerja dari sistem tidak bisa mengimbangi kebutuhan bisnis atau tidak memberi nilai tambah pada organisasi. Pengadaan hardware baru hingga pembangunan aplikasi dapat dilakukan untuk efisiensi proses, namun tidak semua pengadaan fasilitas pendukung dan aplikasi teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi kinerja suatu organisasi. Analisis terhadap portofolio aplikasi perlu dilakukan salah satunya dengan menggunakan efisiensi throughput yang mengukur waktu proses berdasarkan hasil bagi antara waktu proses dengan penjumlahan waktu proses dan waktu tunggu, nilai yang diperoleh adalah presentase efisiensi. Efisiensi throughput digunakan pada salah satu pendekatan reengineering untuk menganalisis seluruh proses dalam organisasi. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran efisiensi throughput pada proses pengaduan pelanggan dengan menggunakan 4 tahapan yang meliputi observasi dan pengumpulan data, identifikasi proses, pengukuran efisiensi throughput, dan analisis hasil. Pada tahap observasi dan pengumpulan data ditemukan bahwa proses pengaduan yang berjalan memiliki waktu yang beragam dan tidak ada kepastian waktu penyelesaian, pada tahap identifikasi proses digambarkan alur proses pengaduan pelanggan berdasarkan hasil analisis, pengumpulan data, dan observasi. Tahap pengukuran efisiensi dilakukan pengukuran efisiensi dengan menggunakan uji efisiensi throughput. Tahap pembahasan dan hasil dilakukan untuk menganalisis hasil efisiensi throughput dan kebutuhan proses yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efisiensi throughput pengaduan pelanggan sebesar 50,36% dari 11 sub proses.

Keywords


Sistem Informasi; Efisiensi Throughput; Pengaduan Pelanggan; Reengineering

Full Text:

PDF

References


Wisayani NL. Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, Dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada PT Pln (Persero) Dist. Jatim Area Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. 2014 Feb 27;8(1).

Wasiati H. Rekayasa Ulang Layanan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Business Process Reengineering di STMIK AKAKOM Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi Respati. 2015;10(28).

Findawati Y, Ali AH, Kom M. Analisa Ekonomi Pada Implementasi Proyek Rekayasa Ulang Sistem Informasi Akademik Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Berdasarkan Information Economics. Program S2, Pascasarjana Institut Teknologi Surabaya, ID. 2011;518270721.

Wimpertiwi D, Sasongko AH, Kurniawan A. Konsep Business Process ReenginEering untuk Memperbaiki Kinerja Bisnis Menjadi Lebih Baik: Studi Kasus Perusahaan Susu Kedelai “XYZ”. Binus Business Review. 2014 Nov 28;5(2):658-68.

Annahar SM, Budiman I, Nugroho RA. Uji Efektivitas Waktu Implementasi One Card Patient Sebagai Business Process Reengineering Sistem Informasi Klinik Dokter Gigi. KLIK&58; Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer. 2016 Jan 1;3(2):195-204.

Yulianto AD, Winarno WW, Suwastono A. PEMODELAN SISTEM INFORMASI KEMETROLOGIAN DALAM PENDEKATAN BUSINESS PROCESS REENGINEERING UNTUK PELAYANAN TERA DAN TERA ULANG BALAI METROLOGI DINAS PERINDAG PROVINSI JAWA TENGAH. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. 2014 Feb 8;2(1):3-03.

Wiyono DE, Saleh FH, Immawan T. Konsep Business Processe Engineering Guna Pembenahan Sistem Dan Kinerja Bisnis Perusahaan Manufaktur. Jurnal Teknoin. 2017 Jan 27;22(3).

Rochimah S, Zain C, Murti DH. PENERAPAN REKAYASA ULANG ITERATIF PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK FTIF ITS SURABAYA. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. 2006 Jan 1;5(1):19-25.

Suharso W, Wibowo H. Klasifikasi Keluhan Pelanggan Berdasarkan Tingkat Penanganan Pada Perusahaan Layanan Internet Menggunakan Rocchio Classifier. Joutica. 2018 Sep 28;3(2):206-10.

Suharso W, Mualim DA. Rekayasa Ulang sistem Permintaan Informasi Pada Kejaksaan Negeri Batu. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi). 2018 Oct 15;3(2):271-80.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144