Media Pembelajaran Berbasis Tematik Pada Platform Android Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Evi Dwi Wahyuni

Abstract


Media pembelajaran secara harfiah diartikan sebagai “perantara” dalammenyampaikan materi pada peserta didik beberapa ahli memberikan definisi tentangmedia pembelajaran. Schramm(1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Pembelajaran tematik didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran, konsep pengembangan aplikasi multimedia dengan menggunakan metode multimedia development lifecycle mengarah pada desain dan pengembangan secara berkelanjutan dan berkala, media pembelajaran ini dikembangkan dalam bentuk aplikasi android dan untuk proses pengujian dilakukan dengan black box testing dan user acceptance test. Pengujian user acceptance test dilakukan dengan emotion cards yang melibatkan 25 siswa kelas satu sekolah dasar dan mendapatkan hasil 85,6%.

Keywords


Media pembelajaran; Tematik; MDLC; User Acceptance Test

Full Text:

PDF

References


Sudrajat, Akhmad. "Media pembelajaran." dalam http://www.psbpsma. org/content/blog/media-pembelajaran diunduh tanggal 25 Februari 2009 pukul 11.40 WIB (2008).

Sari, Selvy Yunita. “Media Pembelajaran Tematik Berbasis Web”. (2017).

Nurajizah, Siti. "IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI PENGENALAN LAGU ANAK-ANAK BERBASIS MULTIMEDIA." PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer 3.2 (2017).

Nurhadryani, Yani, et al. "Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile." Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika 2.2 (2013).




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144