PENGARUH VARIASI GRADASI LIMBAH BETON SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN

Lukito Prasetyo

Abstract


Pemilihan material dalam pembuatan beton sangat penting untuk mendapatkan mutu beton yang diinginkan.. Banyak riset yang dilakukan untuk mengganti material ( alam ) beton dengan material lain seperti halnya penggunaan material limbah konstruksi ( limbah beton ). penggunaan material limbah konstruksi ( limbah beton ) sebagai salah satu alternatif yang cukup memiliki potensi untuk diteliti karena daur ulang beton ( limbah beton ) masih jarang di lakukan dan masih sedang banyak di uji coba. Untuk itu kami akan mencoba  memanfaatkan penggunaan limbah beton sebagai penggantii agregat dalam pembuatan beton baru yang terbaik di mulai dari penentuan ukuran atau gradasi limbah beton sebagai pengganti  agregat, yang mempunyai kuat tekan yang memenuhi.Berdasarkan permasalan di atas maka peneliti ingin mencoba memanfaatkan penggunaan limbah beton  untuk mengetahui bagaimana pengaruh gradasi limbah beton sebagai penganti bahan agregat kasar pasir dan kerikil terhadap kuat tekan beton..Berdasarkan hasil penelitian pemakaian limbah beton sebagai pengganti agregat kasar dan halus terhadap kuat tekan beton, dapat di simpulkan bahwa  pemakaian limbah beton pasir kasar mempunyai nilai tekan lebih baik  yaitu sebesar 15.377 Mpa di bandingkan dengan pemakaian limbah beton pasir halus yang sebesar 13.101 Mpa.

Keywords


Beton, limbah beton, kuat tekan

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Muhammad indra 2016. Pengaruh penggunaan agregat daur Ulang Beton sebagai Agregat Kasar Pada campuran Beton dengan Penambahan Fly Ash Terhadap Kuat Tekannya. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang

Sidik, Nur fatan 2016. Pengaruh Penggunaan Limbah Beton sebagai pengganti agregat Kasar pada beton Normal Terhadap kuat Tekan dan modulus Elastisitas. Fakultas teknik universitaas sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Mulyono,Tri. 2003. Teknologi Beton. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit ANDI )

Nugraha,Paul & Antoni 2007. Teknologi beton dari Material, Pembuatan, ke beton kinerja tinggi. Yogyakarta : CV Andi Offset ( Penerbit ANDI )

Standart Nasional Indonesia (SNI ) No. 03 tahun 2002

Standart Nasional Indonesia (SNI ) 2847 tahun 2013




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144