PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH MULTIPLE TIME WINDOWS PADA PENGIRIMAN PRODUK ES KRIM

Amelia Khoidir, Annisa Kesy Garside

Abstract


PT Lukindari Permata Malang mengirimkan es krim ke toko-toko menggunakan single time window yaitu  pukul 07.00-18.00. Permasalahan yang dihadapi seringkali sopir harus mengubah rute karena ada beberapa toko yang tutup ketika jam istirahat antara 11.00-13.00. Selain itu suhu kota Malang pada saat siang hari  bisa mencapai 33oC sehingga pembukaan pintu box freezer akan menyebabkan suhu di dalam box freezer naik dan dibutuhkan energi tambahan untuk menjaga agar suhu di dalam tetap -18oC. Oleh karena itu peneliti mengusulkan penentuan rute dengan menggunakan dua batasan time windows yaitu jam 07.00 – 11.00 dan 13.00 – 18.00 untuk mengirimkan es krim ke toko-toko. Permasalahan ini termasuk dalam Vehicle Routing Problem with Multiple Time Windows (VRPMTW). Penyelesaian VRPMTW dilakukan dengan memodifikasi model matematika yang telah dikembangkan oleh Belhaiza dkk. Dari hasil running lingo diperoleh rute usulan yang mampu menurunkan biaya transportasi sebesar 13,90%.

Keywords


multiple time windows; routing; perishable product; es krim

Full Text:

PDF PDF

References


Rong A, Akkerman R, Grunow M. An Optimization Approach for Managing Fresh Food Quality Throughout the Supply Chain. International Journal of Production Economics. 2011; 131:21-429.

Tania M. Pengembangan Model Vehicle Routing Problem untuk Pendistribusian Produk Perishable Menggunakan Produk Berpendingin. Jurnal Teknik POMITS. 2012; 1(1):1-6.

Bitao P, Fei W, Hybrid Intellegent Algorithm for Vehicle Routing Problem with Multiple Time Windows. International Forum on Information Technology and Applications. China. 2010.

Favaretto D, Moretti E, Pellegrini P, Ant Colony System for a VRP with Multiple Time Windows and Multiple Visits. Journal of Interdisciplinary Mathematics. 2007; 10(2):263-284.

Belhaiza S, Hansen P, Laporte G. A Hybrid Variable Neighborhood Tabu Search Heuristic for The Vehicle Routing Problem with Multiple Time Windows. Computers & Operations Research. 2013; 52(B), 269-281.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144