Rancang Bangun Sistem Akuisisi Data untuk Penentuan Koefesien Gesekan Benda pada Bidang Miring Secara Digital Berbasis Mikrokontroler

Heni Hendaryati, Budiono Budiono

Abstract


Pembelajaran fisika teknik pada jurusan teknik mesin memerlukan alat percobaan untuk mendukung pemahaman mahasiswa terhadap matakuliah ini. Alat ini termasuk dalam kelompok laboratorium ilmu dasar mesin. Namun, produk ini hanya dibuat oleh perusahaan asing dan tentunya berharga mahal. Pada penelitian ini, dirancang alat praktikum bidang miring berbasis mikrokontroler namun berbiaya rendah. Hasil dari penelitian tahap awal ini berupa prototipe alat percobaan menentukan koefesien gesekan dengan bidang miring yang terhubung dengan komputer melalui serangkaian komponen elektronika. Komponen utamanya adalah bidang miring sebagai mekanik, sedangkan komponen data akuisisi terdiri dari sensor ultrasonik, mikrokontroler dan sebuah komputer. Sensor ultrasonik mengukur jarak massa yang bergerak terhadap sensor dengan menggunakan prinsip pantulan gelombang suara. Kemudian mikrokontroler memproses data dan mengubahnya ke dalam bentuk data digital. Data digital berupa kecepatan gerak massa ini kemudian ditransmisikan melalui jalur serial ke komputer untuk keperluan tampilan data berupa angka dan grafik. Perancangan dimulai dengan pembuatan daftar persyaratan dari alat yang selanjutnya digunakan untuk membuat pernyataan masalah. Alat dimaksudkan untuk praktikum fisika dasar yang dioperasikan oleh dua orang mahasiswa. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan kelinearitas 99%. Hasil ini dianggap baik.

Keywords


bandul sederhana, periode, akuisisi data

Full Text:

PDF

References


Gunt Hamburg Support, “TM 155 Free and forced vibrations”, Germany: Gunt Humberg Inc, 2018.

Pahl G. and Beitz W., “Engineering Design: A Systematic Approach”, 2nd edition, Springer-Verlag 1996.

Gene C. Weitz, "Coefficient Of Friction Measurement Between Cable Andconduit Surfaces Under Varying Normal Loads", IEEE Transaction on Power Apparatus and Systems, Vol. PAS-104, No. 1. 1985.

Jin-zhu Zhou, Jin Huang, Jing Zhou and Hua-ping Li,”Friction Modelling Based on Support Vector Regression Machines and Genetic Algorithms”, China: Proceedings of the 2008 IEEE/ASME International Conference on Advanced Intelligent Mechatronics, 2008.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144