EVALUASI KEBUTUHAN ANGKUTAN UMUM PENUMPANG KOTA MALANG (STUDI KASUS RUTE ARJOSARI–LANDUNGSARI)

Andi Saiful Amal

Abstract


Angkutan umum penumpang di Kota Malang disebut angkot adalah salah satu sarana transportasi yang digunakan masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari, namun angkutan ini semakin tidak diminati masyarakat akibat rendahnya tingkat pelayanan, sehingga masyarakat banyak menggunakan kendaraan pribadi. Armada angkutan umum penumpang (AUP) trayek Arjosari - Landungsari saat ini 118 unit dengan kapasitas 12 pnp/kend. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja, produktivitas dan jumlah armada AUP trayek Arjosari - Landungsari yang optimal di kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur (Direktorat Jendral Perhubungan Darat 2002) dan menggunakan formulasi empiris. Hasil studi kinerja angkutan umum penumpang trayek Arjosari - Landungsari tahun 2018, load factor rata-rata  97,06 %, frekuensi rata-rata 23,56 kend/jam, headway waktu rata-rata 2,60 menit, waktu tempuh rata-rata 4,10 menit/km, kecepatan tempuh rata-rata 15,03 km/jam. Produktivitas rata-rata 55 pnp/hari-kend, dengan jumlah armada yang optimal yaitu 116 unit.

Keywords


Angkutan Umum, Kinerja, Produktivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144