UJI PRODUK MESIN BRIOBRIKET JERAMI PADI SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF

mulyono mulyono, ali Mokhtar

Abstract


Mesin biobriket adalah salah satu alat yang dapat merubah Jerami Padi menjadi salah satu energi alternatif  yang baru dan terbarukan dengan cara pengolahan yang tepat dan benar. Untuk mengetahui apakah mesin ini dapat mengolah Jerami Padi menjadi briket (biobriket), maka dibutuhkan suatu metode pengujian dan analisa hasil pengujian agar dapat suatu data  yang berhubungan dengan peforma mesin pembuat biobriket ini. Sedangkan data yang digunakan tersebut menjadi suatu acuan dalam pengambilan kesimpulan, apakah mesin ini berhasil mengolah Jerami Padi menjadi biobriket atau tidak.Setelah melakukan serangkaian  pengujian pada mesin pembuat biobriket dari Jerami Padi ini kami menyimpulkan bahwa mesin Biobriket jerami Padi mampu  memproduksi dan  mengolah Jerami Padi menjadi biobriket dengan baik dan perlu sedikit mengalami modifikasi pasca sistem perajangHasil yang peroleh dalam unjuk kerja adalah semakin putaran diperbesar, maka nilai kalor biobriket juga semakin naik. Selain itu, prosentasi pengikat juga mempunyai andil dalam pembentukan biobriket. Semakin prosentase di perbesar, maka nilai bakar biobriket juga semakin naik..

Keywords


Biobriket, Jerami Padi, Unjuk Kerja

Full Text:

PDF

References


Gustria, Ita. , Pemanfaatan Limbah Kulit Durian dan Sekam Padi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Briket Dengan Variasi Temperatur Karbonisasi, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, 2013.

Devi Septiani, Pembuatan Biobriket dari Jerami Padi dan Tempurung Kelapa Sebagai Energi Alternatif Ramah Lingkungan, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, 2012.

Putri, D. Septiani, Pembuatan Biobriket dari Campuran Jerami Padi dan Tempurung Kelapa , Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, 2012.

Dwi A, Pemanfaatan limbah kulit Biji Nyamplung untuk Bahan bakar Briket bioarang sebagai sumber energi alternatif, jurnal Teknologi kimia dan industri, vol.1, no. 1, 2012.

Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral, 2004, Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Industri Peralatan Tenaga Listrik: Sub-Bidang Perawatan dan Perbaikan Mesin Produksi. (2010)

Saud Maruli Tua, Tonny Siahaan, Suhardi, Wagiman (2006), Penambahan Pengaman Motor Listrik dengan Sensor Suhu ic lm 135, Hasil-hasil Penelitian EBN Tahun 2006

Soelarso, Kiyakatsu Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan Ketujuh, PT. Pradnya Paramitha, Jakarta, 1991.

Sriyono, Memelihara Komponen Motor Motor Bensin Pemeriksaan Kepala Silinder, Jakarta, 2010.

Popov, E.P. Mekanika Teknik (Mechanics of Material), Erlangga, Jakarta, 1996.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144