Catalityc Converter Dengan Katalis Gabungan Kawat Tembaga dan Kawat Kuningan Berbentuk Sarang Laba-laba

Ali Mokhtar, Mulyono Mulyono

Abstract


Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berdampak langsung pada polusi udara gas buang kendaraan tersebut, polusi udara di daerah perkotaan didominasi oleh emisi kendaraan bermotor, seiring dengan permasalahan polusi, penelitian ini bertujuan  mendapatkan desain catalytic converter berbahan katalis gabungan kawat kuningan dan kawat tembaga berbentuk sarang laba-laba dan menguji emisi gas buang pada catalytic converter tersebut. Katalis gabungan kawat kuningan dan kawat tembaga berbentuk sarang laba-laba sangat baik untuk bahan katalis pada catalityc converter, katalis tersebut selain mudah didapat dan murah harganya, serta mampu mereduksi dan mengoksidasi emisi kendaraan bermotor dengan baik, sehingga cocok sebagai bahan katalis.Metode yang dipergunakan pada penelitian ini adalah metode experimental, mulai dari perancangan rumah katalityc converter, penentuan jenis katalis sampai proses pembuatan catalityc converter sarang laba-laba berbahan gabungan kawat kuningan dan kawat tembaga, selanjutnya dilakukan pengujian untuk mengetahui emisi gas buang kendaraan bermotor yang menggunakan catalytic converter dan tanpa menggunakan catalityc converter,Dari hasil pengujian emisi didapatkan bahwa pemakaian catalytic converter berbahan katalis  gabungan kawat kuningan dan kawat tembaga berbentuk sarang laba - laba dapat mengurangi emisi  HC dan CO, sedangkan emisi CO2 Penurunan emisi gas HC sebesar 39 ppm atau sebesar 16,72 %  dibanding tanpa menggunakan catalytic converter. Untuk penurunan Emisi gas CO sebesar 4,5 ppm atau sebesar 20,45 %. dibanding tanpa menggunakan catalytic converter. Sedangkan untuk Emisi gas CO2  mengalami kenaikan 4,3 ppm  atau sebesar 9,7 %. dibanding tanpa menggunakan catalytic converter, ini akibat dari penambahan oksigen pada proses oksidasi.

Keywords


Catalytic converter kawat kuningan; kawat tembaga sarang laba-laba

Full Text:

PDF

References


• Akhmad Indra S. Petunjuk pengoperasian Computational Fluid Dynamics (CFD), Ansys Flotran , Pusat Komputer FT-Universitas Indonesia , 2002.

• Jurnal JF BINGHAM, BSc, PhD, AMIMechE Intake System design using a validated internal combustion engine computer model, National Enginering Laboratory, East Kilbride, Glasgow, Scotland. (C25/87)

• Katalisator akan efektif bekerja jika gas asap dapat mengenai semua permukaan kalatalis dan bekerja antara temperatur 250oC sampai 300oC. (Jurnal Prasetyo, Joni ITS 2006)

• Analisa penyebaran distribusi aliran pada catalityc converter dengan menggunakan empat macam model (Ali Mokhtar, Dwi kurniawan, 2009)

• Analisa penggunaan catalityc converter berbahan katalis Almunium dan tembaga (Rengki, M. Reza, Ali Mokhtar 2010)

• Penggunaan catalityc converter berbahan katalis Pipa Tembaga (Ali Mokhtar, Andin, Puji 2011)

• Penggunaan catalityc converter berbahan katalis Pipa kuningan (Ali Mokhtar, 2012)

• Penggunaan catalityc converter berbahan katalis plat tembaga berbentuk sarang lebah (Ali Mokhtar, 2013)

• Penggunaan catalityc converter berbahan katalis Kawat Stainless Stell berbentuk sarang laba-laba (Ali Mokhtar, Trenyu W. 2014)

• Penggunaan catalityc converter berbahan katalis Kawat kuningan berbentuk sarang laba-laba (Ali Mokhtar, Hery Suprianto, Fajar Y. 2016)

• Mathur, Sharma L. 1975, Internal Combustion Engine. Second Edition. McGraw-Hill Book Company, Inc, New York.

• Bosch R, G. (1990). Emission Control for Gasoline Engines. Edition. Stuttgart. Germany.

• Obert, E.F. 1983. Internal Combustion Engines and Air Pollution. New York : Harper and Row Publisher.

• Chusnul. M 2005, Study Penggunaan Katalis CuO/yAL203 sebagai Catalytic Converter Untuk Mereduksi Emisi CO, ITS, Surabaya

• Karvounis E, DN Assanis. 1992. The Effect of Inlet Flow Distribution on Catalytic Converter. Journal of Effecience Heat and Mass Transfer 36(6) 1495 – 1504.

• Wardhana, W., A., (2004). Dampak Pencemaran Lingkungan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

• Irawan B. , 2003, Rancang Bangun Catalytric Converter dengan Material Substrat Tembaga (Cu) untuk Mereduksi Emisi Gas CO, Tesis MIL UNDIP




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144