RANCANG BANGUN PORTAL VIDEO TUTORIAL BERBASIS WEB UNTUK SARANA PERLUASAN JARINGAN PEMASARAN

Yufis Azhar, Eko Budi Cahyono, Mahar Faiqurahman, Fitriyatus Sholihah

Abstract


Malang dikenal sebagai salah satu barometer pertumbuhan industri kreatif di Jawa Timur. Banyak industri-industri kreatif yang tumbuh dan berkembang di kota yang juga dikenal sebagai kota pendidikan dan pariwisata ini. Salah satu industri kreatif yang banyak ditemui di kota Malang adalah industri pembuatan souvenir. Sebagian besar industri kreatif dengan modal minim memiliki kendala pada perluasan jaringan pemasarannya. Kebanyakan customer mengenal usaha ini dari mulut ke mulut serta dari event bazaar dan pameran yang sering diikuti oleh perusahaan. Perlu ada strategi pemasaran lain untuk meningkatkan jumlah customer dari usaha tersebut. Salah satu konsep yang diusulkan pada paper ini adalah pembuatan portal video tutorial. Dari pengamatan yang dilakukan pada beberapa usaha serupa di luar negeri, video tutorial yang dibagikan melalui akun media sosial terbukti mampu meningkatkan kepercayaan customer kepada penjual serta mempererat relasi antara penjual dan pembeli. Hal ini dikarenakan pembeli dapat merasakan manfaat secara langsung dari video tersebut, sehingga pembeli dengan sukarela membagikan video tersebut di akun media sosial miliknya. Video yang jadi viral tersebut, secara otomatis akan menjadi media pemasaran yang baik bagi perusahaan.Malang dikenal sebagai salah satu barometer pertumbuhan industri kreatif di Jawa Timur. Banyak industri-industri kreatif yang tumbuh dan berkembang di kota yang juga dikenal sebagai kota pendidikan dan pariwisata ini. Salah satu industri kreatif yang banyak ditemui di kota Malang adalah industri pembuatan souvenir. Sebagian besar industri kreatif dengan modal minim memiliki kendala pada perluasan jaringan pemasarannya. Kebanyakan customer mengenal usaha ini dari mulut ke mulut serta dari event bazaar dan pameran yang sering diikuti oleh perusahaan. Perlu ada strategi pemasaran lain untuk meningkatkan jumlah customer dari usaha tersebut. Salah satu konsep yang diusulkan pada paper ini adalah pembuatan portal video tutorial. Dari pengamatan yang dilakukan pada beberapa usaha serupa di luar negeri, video tutorial yang dibagikan melalui akun media sosial terbukti mampu meningkatkan kepercayaan customer kepada penjual serta mempererat relasi antara penjual dan pembeli. Hal ini dikarenakan pembeli dapat merasakan manfaat secara langsung dari video tersebut, sehingga pembeli dengan sukarela membagikan video tersebut di akun media sosial miliknya. Video yang jadi viral tersebut, secara otomatis akan menjadi media pemasaran yang baik bagi perusahaan

Keywords


portal video, web, industri kreatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i4.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144