OTOMATISASI IDENTIFIKASI KATA GANTI PADA EKSTRAKSI DAN PERANKINGAN FITUR PRODUK

Yufis Azhar

Abstract


Ekstraksi fitur produk dalam suatu dokumen review merupakan permasalahan yang telah menarik perhatian banyak peneliti untuk memecahkannya. Permasalahan utama pada topik ini adalah bagaimana mengekstrak fitur yang relevan sehingga fitur yang tidak relevan dapat dipisahkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perankingan fitur. Akan tetapi, metode perankingan fitur yang ada sampai saat ini hanya mempertimbangkan fitur dalam dokumen saja tanpa memperhatikan adanya pronoun. Hal ini mengakibatkan banyak fitur yang tidak relevan muncul karena memiliki skor yang lebih tinggi dari fitur yang relevan dalam hasil perankingan fitur. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini diusulkan suatu metode baru untuk mengidentifikasi pronoun dalam suatu kalimat opini. Metode ini secara otomatis akan menambahkan skor dari pronoun yang berhasil diidentifikasi kepada fitur yang dirujuk oleh pronoun tersebut. Dengan demikian, skor fitur yang relevan akan meningkat dan nilai precision dari fitur relevan yang berhasil diekstrak juga akan meningkat. Hasil uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa metode ini terbukti cukup efektif untuk mengekstrak fitur yang relevan dengan nilai precision 30% lebih baik dibandingkan metode sejenis yang tidak memperhatikan kata ganti.

Full Text:

PDF

References


Liu, Kang, Liheng Xu, and Jun Zhao. 2011. “Opinion Target Extraction Using Word-Based Translation Model”

M. Hu and B. Liu, 2004. “Mining and Summarizing Customer Reviews”. Proceedings of the 10th ACM International Conference on Knowledge Discovery and Data Mining (SIGKDD-2004), 8, pp. 168–174.

M. Hu and B. Liu. 2007. “Mining Opinion Features in Customer Reviews”. Proceedings of the 19th National Conference on Artificial Intelligence., 7, pp. 755-760.

Qiu, Guang., Bing, Liu., Jiajun Bu and Chun Chen. 2009. “Expanding Domain Sentiment Lexicon through Double Propagation”. In Proceedings of IJCAI

Zhang, Lei, Bing Liu, Suk Hwan Lim, Eamonn O’Brien-Strain. 2010. "Extracting and ranking product features in opinion documents." Proceedings of the 23rd International Conference on Computational Linguistics: Posters. Association for Computational Linguistics.

Eirinaki, M., Pisal, S., & Japinder, S. 2011. “Feature-based opinion mining and ranking”. Journal of Computer and System Sciences.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144