APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK MENGGUNAKAN PENDEKATAN KANSEI MEDIATION

Wahyudi Setiawan, Fitri Damayanti, Yeni Kustiyahningsih Kustiyahningsih

Abstract


Di era globalisasi dan teknologi infomasi, masyarakat Indonesia membutuhkan guru yang profesional, berkualitas, serta sebanding dengan kualitas guru negara lainnya di dunia. Berbagai kebijakan sudah dilakukan pemerintah dalam peningkatan profesionalisasi guru, diataranya: peningkatan kualifikasi pendidikan dari Diploma menjadi S1, sertifikasi, dan sebagainya. Profesi guru merupakan jabatan atau pekerjaan yang mempersyaratkan keahlian, etika dan organisasi profesi yang mewadahinya. Pengembangan profesi guru dapat dilakukan dengan jalan mengikuti penataran, kursus, latihan, seminar, lokakarya yang berkaitan dengan peningkatan tugas guru. Penelitian ini bertujuan untuk membantu tugas guru TK dalam mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif sesuai RPP. Metode yang digunakan adalah kansei mediation, dimana untuk mengkomunikasikan informasi non verbal seperti kesan terhadap konten pembelajaran, pengetahuan, emosi atau gagasan dalam sebuah konten. Media yang digunakan berupa audio, video, teks dan gambar. Dengan Kansei Mediation menghasilkan interaksi antara pengajar dengan anak usia dini sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan motorik, logika, daya pikir dan semangat belajar anak. Kansei Mediation dirancang seolah-olah anak sedang melakukan petualangan ketika menggunakan konten pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni M., Arie D., Yunia. Rancangan Meja Dapur Multi fungsi Menggunakan Quality Function Deployment (QFD).Jurnal penelitian jurusan teknik industri ITENAS Bandung.2013.

Andharini D.C., Ari B., 2012, “Personalized Learning Path of a Web-based Learning System”,International Journal of Computer Applications (0975 – 8887) Volume 53– No.7, September 2012

Eza rahmanita, yeni kustiyahningsih, 2012, “Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif (E-Learning) Manasik Haji Menggunakan Pendekatan LTSA”, Penelitian Dosen Muda LPPM Universitas Trunojoyo

“Kansei Engineering: A New ergonomic consumer oriented technology for product development”, International Journal of Industrial Ergonomics 15, 3-11,.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144