PRA-STUDI KELAYAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU DI PANTAI SELATAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Wahyudi Budi Pramono, Warindi Warindi, Nafiul Mualimin

Abstract


Energi angin merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dan bisa di temukan dimana saja dengan kapasitas yang berbeda-beda. Karena pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB) membutuhkan investasi awal yang cukup mahal dan juga pola hembusan angin yang tidak stabil, maka dibutuhkan sebuah pra-studi kelayakan energi angin untuk examine (menguji/membahas/mempertimbangkan) potensi energi angin yang bisa dimanfaatkan. Pada penelitian ini merupakan pra-studi kelayakan yang menjelaskan potensi energi angin untuk pengembangan PLTB melalui data kecepatan angin dengan melihat topografi lokasi dan energi yang bisa dihasilkan oleh PLTB di Pantai Selatan Gunungkidul. Data kecepatan angin didapat dari hasil pengukuran kecepatan dan arah angin BMKG Yogyakarta dan aplikasi perkiraan cuaca Predict Wind dan Wind Finder. Dengan melakukan penelitian di tiga titik lokasi Pantai Selatan Gunungkidul yang sudah ditentukan, dilakukan estimasi biaya investasi turbin angin dan jumlah energi listrik tahunan yang bisa dihasilkan di tiga titik lokasi tersebut. Dari ketiga titik lokasi, semuanya mempunyai energi angin yang cukup potensial. Dengan kecepatan angin sampai 3.561 m/s. Selain itu arah angin yang berhembus di dominasi dari arah Barat dan Timur. Dengan menggunakan turbin sebesar 1 kW maka energi yang dihasilkan dalam setahun dapat mencapai 0.4497 MWh.

Full Text:

PDF

References


McGowan, J. G., et al. A Hybrid Wind-Diesel System for the US Navy at Guantanamo Naval Base Using an Energy Savings Performance Contract. Proceedings of the AWEA Annual Conference. Chicago,2014

Nurhalim, Studi Analisis Pemanfaatan Energi Angin Sebagai Pembangkit Hibrida. Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Riau. 2007

Daryanto, Y., Kajian Potensi Angin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, Balai PPTAGG – UPT-LAGG, Yogyakarta, 2007.

Subekti, Ridwan Arief., Susatyo, Anjar., & Sudibyo, Henny. Kajian Potensi dan Analisis Ekonomi Sistem Konversi Energi Angin untuk Pemompaan di Jawab Barat. Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Bandung.

Soeripto, MS., & Ibrochim, Malik. Analisa Potensi Energi Angin dan Estimasi Energi Output Turbin Angin di Lebak Banten. Peneliti Pusterapan, Lapan, 2009.

Kadir, Abdul, ENERGI: Sumberdaya, Inovasi, Tenaga Listrik dan Potensi Ekonomi. Jakarta, UI-Press, 2010




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144