RANCANG BANGUN APLIKASI HURUF HIJAIYAH DAN ANGKA ARAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 5.5

Dina Agusten, Wahyu Supriyatin, Rofidah Sa’diyah

Abstract


Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang efektif untuk anak-anak usia sekolah. Media pembelajaran interaktif dapat membuat anak-anak tertarik untuk mengenal dan mempelajari hal yang baru. Perkembangan teknologi membuat media pembelajaran yang semula bersifat monoton menjadi interaktif dengan berbagai efek multimedia yang diberikan. Panelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif tentang angka arab dan huruf hijaiyah dengan menggunakan aplikasi multimedia adobe flash CS 5.5 dan memberikan kontribusi pada dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan sistem informasi SDLC (System Development Life Cycle) yaitu model waterfall dengan tahapan perencanaan, analisis, desain, implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran interaktif tentang angka arab dan huruf hijaiyah dengan melalui tahapan pengembangan sistem informasi. Aplikasi media pembelajaran interaktif ini berhasil dibuat dan dijalankan pada beberapa perangkat.

Full Text:

PDF

References


Arrosyida, Annafi, Suprapto M.T., “Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 Di SMK Negeri 1 Saptosari”, Skripsi tidak diterbitkan, Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta, 2012. URL:

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7528, akses tanggal 06 Oktober 2014.

Cholis Zuliana.” Aplikasi Multimedia Pembelajaran Iqro’Sebagai Sarana Mempelajari Huruf Al Qur’an”. Skrisi: Surakarta, Universitas Sebelas Maret. 2007. URL: http://eprints.uns.ac.id/3328/1/59101106200911561.pdf, akses Oktober 2014.

Desiana. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Usia Dini melalui Penerapan Metode Iqro’ Plus Kartu Huruf di RA. Ummatan Wahidah Curup”. Skripsi; Bengkulu.Universitas Bengkulu. 2013. URL: http://repository.unib.ac.id/5998/2/I,II,III,3-13- des.FI.pdf

Diginnovac, Fanani Zainul A, Hardiyanti Diana, “Membuat Game Aritmatika Dengan Flash”, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2009.

Hartono, Jogiyanto, “ Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2005.

Madcoms Madiun, “Mahir dalam 7 Hari Adobe Photoshop CS4”, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2009.

Madcoms Madiun, “Adobe Flash Professional CS 5.5 untuk Pemula”, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2012.

Mulyani, Sri N.S., “Peranan Metode Pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) Terhadap Kualitas Sistem Informasi”, Working Paper In Accounting and Finance, Bandung, Department of Accounting Padjadjaran University, 2009, URL:ppa.fe.unpad.ac.id/uploads/files/wp-acc27.pdf, akses tanggal 22 Oktober 2014.

Munawar, “Pemodelan Visual dengan UML”, Yogyakarta, Penerbit Graha Ilmu, 2005.

Nandi, “Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran geografi Di Persekolahan”, Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi, Vol. 6 No.1 April 2006.

Nisa’a, Henny Khirun., Nurhakiki, Rini., Madja, Mimiep S., “Prototype Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Materi Pecahan Untuk Siswa Sd Kelas IV”, Artikel

Matematika, 2012.

Rahayuningrum, Rosalia Hera., “Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Kelas VIIF Di Smp Negeri 2 Imogiri Bantul”, LSM XIX, Lomba dan Seminar Matematika, ISBN : 978-979-17763-3-2, 2011.

Rizkiansyah, Irvan., “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimediadi Lembaga Kursus Musik “Ethnictro” Yogyakarta”. Yogyakarta, 2013.

URL:http://eprints.uny.ac.id/10031/1/JURNAL.pdf, akses tanggal 20 Oktober 2014.

Saidah, Nur.,”Kajian Psikologis Terhadap Stimulasi Visual Dalam Pembelajaran Pai Untuk Anak Usia Sekolah Dasar/MI”. URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/8039/1/NUR , akses tanggal

Oktober 2014.

Santoso, Budi., “Pengembangan Sistem Cerdas sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Penjumlahan Pecahan”, Skripsi tidak diterbitkan, Malang:Universitas Negeri Malang, 2008.

Soetjiningsih dan IG.N. Gde Ranuh, “Tumbuh Kembang Anak”, (Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1995),p. 205-114.

Solikhin, Robby Rachmatullah, Eko Riyanto, “Pengembangan Sistem Informasi Registrasi Semina, Workshop dan Pelatihan Menggunakan Metode System Development Life Cycle

Model Waterfall (Studi Kasus STMIK HIMSYA Semarang)”, Vol 10, No 1, 2014, URL: http://ejournal.himsya.ac.id/index.php/HIMSYATECH/article/view/59, akses tanggal 22

Oktober 2014.

Sucipto, “Penulisan Naskah Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer (Multimedia)”, Makalah, Yogyakarta: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP), 2010.

Wahana Komputer, “Mudah Membuat Animasi dengan Adobe Flash Professional CS 5”, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2011.

Westriningsih,”Adobe Flash CS 6”, Semarang, Penerbit Andi, 2012.

Zakiyatunnisa Al Mubarokah. “Pembelajaran Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiyyah Bersambung Pada Anak Usia Late Childhood (Studi Kasus Di Kelas Wustho Tpa Al- Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta). Skripsi; Yogyakarta. Universitas Islam NegeriSunan

Kalijaga. URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/11858/1/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf, akses Oktober 2014.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144