USER EXPERIENCE LAUNCHER

Wahyu Andhyka Kusuma, Lailatul Husniah, Evi Dwi Wahyuni

Abstract


Penyampaian informasi yang cepat menuntut kebutuhan akan perangkat mobile yang sangat besar, hal tersebut diimbangi juga dengan munculnya perangkat mobile bersistem operasi atau lebih dikenal dengan smartphone. Didalam sebuah sistem operasi mobile diperlukan sebuah aplikasi tambahan yang dapat mengelolah berbagai aplikasi yang ada didalam aplikasi tersebut atau sering disebut sebagai launcher. Setiap individu memiliki kebutuhan tersendiri terhadap smartphone milik individu tersebut. Sistem operasi Android yang terbaru telah didukung launcher yang dapat mengelompokkan aplikasi sejenis yang digunakan oleh individu. Hasil penelitian yang dilakukan kecenderungan pengguna smartphone akan mengelompokkan aplikasi yang digunakan berdasarkan kuantitas waktu pemakaian, interval pemakaian, jenis aplikasi (permainan, peralatan, perangkat editor, desain grafis).User Experience (UX) menjadi suatu standart ukuran baru didalam menentukan kenyamanan atau pengalaman baru yang dialami oleh pengguna terhadap interaksinya dengan komputer. UX sebagai salah satu cabang dari Interaksi Manusia Komputer memberikan standart baru ketika yang diharapkan oleh pengguna bukan saja interaksi tetapi suatu pengalaman lebih. UX saat ini tidak hanya menjadi standar didalam interaksi komputer tetapi juga menjadi tren baru untuk implementasi didalam sistem operasi smart phone.Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menguji launcher yang dikembangkan dibandingkan dengan beberapa launcher yang telah ada. Dengan menggunakan metode Card Sorting untuk melakukan survei dilibatkan sekitar 15 orang dengan data yang diambil untuk dilakukan analisa sebanyak 5 orang. Metode survei ini bersifat spesifik dan unik karena hanya menggunakan responden yang sedikit untuk memprediksi hasil selanjutnya. Dari pengujian didapatkan sekitar 80% mendapatkan kepuasan dari desain, 73% mendapatkan kenyamanan didalam penggunaan dan 85% mendapatkan pengalaman baru dari launcher yang diteliti.

Full Text:

PDF

References


Anonymous, Mobile Application Design & Development Trends 2013, 2013, MYFIRSTMOBILEAPP, Survei

Clifton, Ian, Android User Interface Design, 2013, Addison Wesley, Buku

Ellision, Kaitlyn, 30 beautifully designed and functional mobile apps, 2013.

Kirov, Alexander, How to design a mobile app, 2013.

Meks, Daniel, 40 Beautifully Designed Mobile Apps With Excellent UI Experience in Mind, 2013.

M. S. Al-razgan, H. S. Al-khalifa, and M. D. Al-shahrani, “Heuristics for Evaluating the Usability of Mobile Launchers for Elderly People,” pp. 415–424, 2014.

Nielsen, Jakob, and Landauer, Thomas K.: "A mathematical model of the finding of usability problems," Proceedings of ACM INTERCHI'93 Conference (Amsterdam, The Netherlands, 24-29 April 1993), pp. 206-213.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144