UJI KAPASITAS PRODUKSI SUMUR BOR RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Sulianto Sulianto, Ernawan Setiono

Abstract


Pada kegiatan eksploitasi sumur bor maka jumlah air tanah yang diambil tidak boleh melebihi kemampuan recharge sumbernya. Bila keseimbangan air di dalam akuifer tidak tercapai maka dampak penurunan muka air tanah pada daerah di sekitar sumur tidak bisa terhindarkan. Dan bila kondisi ini berlangsung dalam skala besar dan dalam jangka waktu lama maka dampak lingkungan lain yang lebih besar pasti akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi besarnya potensi sebuah sumur bor dalam memenuhi kebutuhan operasional Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian dilakukan melalui uji pemompaan sumur dengan menggunakan debit static dan debit bertingkat dengan pemompaan selama 24 jam terus-menerus. Analisis data dengan menggunakan Metode Chow, Metode Cooper-Jacop dan analisis data recovery diperoleh nilai Transmisivitas rerata sebesar 4.762 m2/jam dan Koefisien Konduktivitas sebesar 3.811 m/hari. Pada uji “step draw-down test” dengan debit pemompaan maksimum sebesar 9.21 liter/detik memberikan nilai Aquifer Loss sebesar 2.31 meter, Well Loss sebesar 2.16 meter, Draw-down sebesar 4.47 meter di bawah permukaan tanah dan Well efficiency sebesar 17 %. Klasifikasi sumur berdasarkan Factor Development (Fd) menurut Bierschenk adalah sangat baik oleh karena nilai Fd yang dihasilkan mendekati 0.1. Dari analisis Save yield dengan cara grafis diperoleh nilai debit optimum pengambilan sebesar 8.6 liter/detik. Dengan nilai debit tersebut maka sumur bor akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih Rumah Sakit UMM hingga tahap pengembangan penuh dengan kapasitas pelayanan 250 bed.

Full Text:

PDF

References


Anonymous, 2014, Laporan Akhir Pekerjaan Pembuatan Satu Unit Sumur Bor Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 2014.

Linsley, Franzini & Sasongko, 1985, Teknik Sumber Daya Air Jilid 1, edisi ketiga, Erlangga, Jakarta, Indonesia.

M. Shaw, Elizabeth, 1985, Hydrology in Practice, Van Nostrand Reinhold (UK) Co. Ltd.

Soemarto, CD, 1986, Hidrologi Teknik, Usaha Nasional, Surabaya, Indonesia.

Sri Harto, Br, 1993, Analisis Hidrologi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Indonesia.

Todd, Devid Keith, 1980, Groundwater Hydrology, second edition, John Wiley & Sons, New York Chichester Brisbane Toronto.

W Mays & Koung Tung, 1992, Hydrosystems Engineering and Management, McGraw-Hill, Inc, New York, Amerika Serikat.




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144