PENGUKURAN EFEKTIFITAS ENERGI SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER DAYA PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL

Shazana Dhiya Ayuni, Eko Setijadi, Wirawan Wirawan

Abstract


Indonesia merupakan negara yang melewati garis khatulistiwa sehingga beriklim tropis dengan dua musim, hujan dan kemarau. Pada bulan Oktober sampai Maret merupakan musim hujan sedangkan April sampai September, musim kemarau. Pada era globalisasi saat ini hal tersebut tidaklah dapat menjadi acuan karena adanya pemanasan global. Sehingga belum tentu pada bulan April tidak turun hujan. Terkdang saat waktunya musim hujan paparan panas matahari makin menyengat. Sehingga pada penelitian ini yang menitik beratkan pada renewable energy dari cahaya matahari dengan menggunakan solarcell sebagai sumber daya. Namun dengan kondisi cuaca yang tentu solarcell bisa jadi tidak dapat mengisi persedian storage sebagai sumber daya. Maka dari itu sangat penting dalam mengetahui karakteriktik dari keefektifitasan dari penggunaan solarcell sebagai sumber daya. Dengan mengetahui kefektifan dari solarcell ini dapat digunakan untuk mengestimasi beban yang akan digunakan ataupun berapa storage yang akan dipakai sehingga adanya perencanaan manajemen sumber daya pada sebuah sistem. Penerapan akan dilakukan pada sistem jaringan sensor nirkabel yang memiliki karakteristik self organization sehingga dibutuhkan kemandirian dalam hal sumber daya. Energy harvesting dari solar cell inilah sebagai solusi yang utama dalam mensupply sumber daya karena mengubah energi cahaya matahari yang dialam menjadi energi listrik siap pakai untuk jaringan sensor nirkabel.

Full Text:

PDF

References


Anton Maier, Luca Benassi and Christian Stolz. (1999). Structural Health Monitoring of Repairs. EADS Military Air System, vol. 99, pp. RTO-EN-AVT-156.

Action Nechbivute, Albert Chawanda and Pearson Luhanga. (2012). “Piezolectric Energy Harvesting Devices: An Alternative Energy Source for Wireless Sensors”. Smart Materials Research (Hindawi Publishing Corporotion), Vol.10 No.1155, ID 853481.

Shuang-Hua Yang. (2008). Wireless Sensor Network: Principles, Design and Applications Signal and Communication Technology, Springer.

Muntaqo Alvin Manaf. (2013). Implementasi Sistem Akuisisi Data pada Bridge Sructural Health Monitoring dengan Jaringan Sensor Nirkabel. Surabaya & Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 2013




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144