SISTEM PENILAIAN JAWABAN ESSAY OTOMATIS BERDASARKAN NILAI KEDEKATAN KALIMAT

Nur Hayatin

Abstract


Penilaian (assesment) adalah salah satu hal penting dalam proses pembelajaran. DariĀ  beberapa pilihan metode penilaian, tes tulis dalam bentuk soal uraian (essay) sering dipilih karena lebih dapat mengukur sejauh mana peserta didik memahami materi yang diajarkan. Namun tes tulis jenis ini memiliki kelemahan diantaranya butuh waktu untuk mengoreksi lembar jawaban yang ada. Hal ini dikarenakan seorang instruktur harus membaca satu per-satu pola jawaban dari peserta didik untuk disesuaikan dengan kunci jawaban. Permasalahannya, terkadang kondisi lingkungan seperti ketidak-seimbangan jumlah pengajar dan peserta didik tidak mendukung diterapkannya metode tersebut secara efektif dan efisien. Sehingga dibutuhkan solusi yang mampu mempermudah penerapanmetode penilaian berupa uraian singkat dengan tidak mengesampingkan objektifitas penilaian. Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem penilaian jawaban essay secara otomatis. Dimana penilaian dilakukan secara komputerisasi dengan memperhitungkan nilai kedekatan kalimat ataukemiripan antara jawaban dari peserta didik terhadap kunci jawaban. Pendekatan yang digunakan adalah text mining, secara garis besar ada 3 proses utama yang dilakukan yaitu preproses, pembentukan matrik kemiripan jawaban terhadap kunci jawaban, dan pembobotan jawaban (penilaian). Untuk menghitung kemiripan jawaban terhadap kunci jawaban digunakan semanticrelatedness berdasarkan Mechine Readable Dictionary (MRD). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem penilaian otomatis yang diusulkan memiliki akurasi sebesar 83%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan nilai yang hampir sama dengan pola penilaian yang diberikan oleh instruktur.

Full Text:

PDF

References


Harisma NZ. Implementasi Sistem Penilaian Esai Otomatis Metode LSA dengan Tiga obot Kata Kunci. Laporan Skripsi. Jakarta : Fakultas Elektro Universitas Indonesia; 2008.

Nafik M.Z. Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai menggunakan Algoritma Levenshtein Distance. Universitas Brawijaya; 2012.

Firdausiah, A.B. Sistem penilaian Otomatis Jawaban Essay menggunakan Ontologi pada Moodle. Telkomnika. 2008; 6 (3).

Winarsono D. Sistem Penilaian Otomatis Kemiripan Kalimat menggunakan Syntactic-Semantic Similarity pada sistem E-learning. Kursor 2009; 5(2).

Liu Hui. Computing Semantic Similarities based on Mechine-Readable Dictionary. IEEE International Workshop on Semantic Computing and Systems. 2008




DOI: https://doi.org/10.22219/sentra.v0i1.2088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Seketariat

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang Kampus III

Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, 65144